Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran audio visual berbasis canva yang validtdan praktis sehingga memudahkan peserta didik kelas X SMA Adabiah Padang dalam memahami0imateri seni rupa dua dimensi. Jenisspenelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan00(R&D) yang berisi tentang pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis canva pada pembelajaran seni rupa dua dimensi kelas X. Subjek pada penelitian ini yaitu 115 siswa kelas X SMA Adabiah Padang, dengan 6 siswa sebagai uji coba lapangan utama, 31 siswa sebagai uji coba lapangan operasional dan 77 siswa sebagai tahapan disiminasi. Hasil dalam penelitian diperoleh bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan, berdasarkan validasi oleh ahli0materi, bahasa, media dan penilaian guru bidang studi dengan persentase yang diperoleh secara berurut yaitu 94,4%, 93,75%, 95,58% dan 95%, dari uji coba yang dijalankan diperoleh hasil uji coba lapangan utama, lapangan operasional dan disiminasi secara berurut yaitu 90,83%, 86,53% dan 77,79%. Kesimpulan yang peneliti ambil dari pengujian ini adalah bahwa media audio visual berbasis canva dalam pembelajaran seni rupa dua dimensi kelas X yang dibuat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran di SMA Adabiah Padang.