The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book dengan menggunakan Issue yang praktis dan valid. Dalam pengembangan ini akan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (Disseminate). Peneltian ini memiliki keterbatasan waktu karena itu penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan saja. Media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book  ini sudah di revisi berdasarkan pendapat dari ahli validator yang terdiri atas 3 orang dosen seni rupa, 1 orang dosen bahasa, dan 1 orang guru seni budaya. Media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book ini dikembangkan dengan menggunakan website Issue. Pengembangan yang telah di uji dengan skala skala kecil ini yang terdiri 8 orang murid kelas XI SMAN 1 Painan, Hasil dari Validasi yang di peroleh dari lembar validasi yang sudah diberikan kepada validator yaitu dengan rata-rata 85,57%  yang di nyatakan sangatnvalidmdan hasil uji praktikalitas yang di berikan kepada siswa dinyatakan sangat praktis dengan rata rata 81,27%. Berdasarkan hasil yang di peroleh dapat di simpulkan media pembelajaran buku bergambar berbasis e-book pada materi seni rupa dua dimensi dengan memodifikasi objek telah praktis dan valid.