Abstract
Pendidikan yang ada di jenjang PAUD salah satunya taman kanak-kanak hendaknya dapat menekankan aspek tumbuh kembang anak. TK adalah salah satu sarana bisa membantu pertumbuhan serta perkembangan anak senada dengan tingkatan perkembangan. Aktivitas yang bisa dilakukan pengembangan di TK salah satunya yakni kegiatan seni contohnya seni tari. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan tari kreasi Mbok Jamu bagi anak berusia lima sampai enam tahun yang praktis, efektif, maupun valid. Tari kreasi Mbok Jamu adalah tari yang mengenalkan obat tradisional dan budaya di luar daerah setempat. Dengan adanya tari kreasi Mbok Jamu dapat membantu mengenalkan budaya yang ada di Indonesia kepada anak. Penelitian mempergunakan pengembangan 4D (four D). Model penelitian ini memakai model 4D mencakup empat tahap yakni define, design, develop, disseminate. Instrument pengumpulan data menggunakan instrument penilaian berupa lembar validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka pengembangan tari kreasi Mbok Jamu dapat dilakukan dengan cara mengembangkan video kreasi Mbok Jamu yang dikemas secara khusus bagi anak berusia lima sampai enam tahun dimana dalam pengembangan tari kreasi Mbok Jamu ini akan lebih dispesifikasikan terhadap pembelajaran gerakan tangan serta kaki tujuannya supaya bisa membantu melakukan peningkatan motorik anak serta membantu mengenalkan budaya daerah lain.
Education at the PAUD level, one of which is kindergarten, should be able to emphasize aspects of child growth and development. Kindergarten is one of the facilities that can help children's growth and development align with their development levels. One of the activities that can be developed in kindergarten is art activities, such as dance. The purpose of this study is to develop Mbok Jamu's creative dance for children aged five to six years that is practical, effective, and valid. Mbok Jamu's creative dance is a dance that introduces traditional medicine and culture outside the local area. The existence of Mbok Jamu's creative dance can help introduce the culture of Indonesia to children. The study uses 4D (four D) development. This research model uses the 4D model which includes four stages, namely define, design, develop, and disseminate. The data collection instrument uses an assessment instrument in the form of a validation sheet, practicality, and effectiveness. Based on the research results, the development of Mbok Jamu's creative dance can be done by developing a video of Mbok Jamu's creations that are packaged specifically for children aged five to six years where in the development of Mbok Jamu's creative dance, it will be more specific to learning hand and foot movements so that it can help improve children's motor skills and help introduce other regional cultures.