Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Musik Drum Band di SMP Negeri 3 Tambang T.A 2023/2024
(1) Universitas Islam Riau, Pekanbaru  Indonesia
(2) Universitas Islam Riau, Pekanbaru  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Amelia Rahmadani, Idawati Idawati
DOI : https://doi.org/10.24036/js.v13i2.130082
Full Text: Language : id; en
Abstract
Penelitian mengenai kegiatan ekstrakurikuler Drum Band di SMP Negeri 3 Tambang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut. Beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesuksesan dalam kegiatan ekstrakurikuler Drum Band adalah tujuan, metode, materi, sarana prasarana, serta evaluasi dan penilaian. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini meliputi wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentas yang hasilnya akan dijelaskan dalam penelitian. Materi yang diajarkan mencakup teknik memainkan berbagai alat musik yang digunakan dalam kegiatan Drum Band. Metode yang digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler ini adalaha metode ceramah, demonstrasi, dan praktek. Sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah meliputi : pinanika, belyra, marching bell, sanre drum, bass drum, trio drum, cymbal, bendera, dan lapangan sebagai tempat berlatih. Evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran dilaksanana secara Bersama-sama setelah peserta didik melakukan Latihan pada tahap akhir yang bertujuan untuk mengukur sudah sejauh mana kemampuan siswa dalam memainkan alat musik Drum Band
The research on Drum Band extracurricular activities at SMP Negeri 3 Tambang aims to describe and explain the implementation of these activities. Some important components that need to be considered to achieve success in Drum Band extracurricular activities are goals, methods, materials, infrastructure, as well as evaluation and assessment. The data collection techniques used include structured interviews, observations, and documents whose results will be explained in the research. The material taught includes techniques for playing various musical instruments used in Drum Band activities. The methods used in this extracurricular activity are lectures, demonstrations, and practice methods. The facilities and infrastructure provided by the school include: pinanika, belyra, marching bell, sanre drum, bass drum, drum trio, cymbal, flag, and field as a place to practice. The learning evaluation is carried out together after the students do the final stage of training which aims to measure the extent of the student's ability to play the Drum Band instrument.
Keywords
References
Alfinanda, N. F., & Florean, M. R. (2020). Identifikasi nilai pendidikan karakter dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drumbband. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2), 137–147.
Alvionita, G., Kurnita, T., & Lindawati. (2017). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tari Likok Pulo di SMA Negeri 1 Ranto Peureulak Aceh Timur. Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari Dan Musik, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, II(2), 153–160. http://www.jim.unsyiah.ac.id/sendratasik/article/view/5748/2436
Arman, I., Anwar, A., Fitriah, L., & Pramudya, A. (2023). Nyanyian Onduo Dalam Masyarakat Pasir Pengaraian, Dalam Perspektif Fungsi Manifes Dan Laten. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 65–74.
Fathoni, A. (2006). Metodelogi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta.
Fitriah, L., Syahroni, & Muhammad Hasabuddin. (2018). Kemampauan Psikomotorik Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Alat Musik Kompang di SMP Negeri 2 Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. KOBA 5.2 , 49–59.
Hamzah B.Uno. (2008). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.
Haryanggita, A. K. (2015). Pembelajaran Ekstrakurikuler Drum Band di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedunggalar Ngawi. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 3(1).
Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoristik dan Pemikiran Tokoh. PT Remaja Rosdakarya.
Islamiah, R., & Munastiwi, E. (2022). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Belajar Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 6, 29–34.
Katon, A., Mahasiswa, H., Drama, P. S., Musik, T., Bahasa, F., Seni, D., Murbiyantoro, D. H., & Pd, M. (2014). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KEDUNGGALAR NGAWI. In Jurnal Pendidikan Sendratasik (Vol. 3).
Magdalena, I., Ramadanti, F., & Rossatia, N. (2020). Upaya pengembangan bakat atau kemampuan siswa sekolah dasar melalui ekstrakurikuler.
Margono. (2010). Metodelogi Penelitian . Rineka Cipta.
Mulyasa. (2004). Implementasi Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Siregar, I. R., Roaina, L., Lubis, N. A., Lubis, H. Z., Islam, U., & Sumatera Utara, N. (2023). IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary Meningkatkan Kecerdasan
Musikal Anak Usia Dini Melalui Alat Musik Pianika di TK Cambridge Binjai. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1. https://journal.csspublishing/index.php/ijm
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R&D. ALFABETA.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.
Susanti, D., Syefriani, & Eka, R. (2018). Evaluasi Pembelajaran Seni Tari Pada Kelas VIIb SMP YLPI Perhentian Marpoyan Provinsi Riau. KOBA 5.2, 22–29.
Susianti, E., Madona, P., Putri Yana, T., Dwi Natharida, F., & Caltex Riau Jl Umbansari No, P. (n.d.). Rancang Bangun Robot Bellyra Satu Oktaf.
Ubaidah, S. (2014). Manajemen ekstrakurikuler dalam meningkatkan mutu sekolah. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 5, 56738.
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM RANGKA PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA UNTUK MENJADI WARGA NEGARA YANG BAIK DI SMA KORPRI BANJARMASIN. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Vol. 6, Issue 11).
Yonil, E., & Erfan, E. (2020). Pelaksanaan pembentukan kegiatan ekstrakurikuler drum band smp negeri 5 kerinci. Jurnal Sendratasik, 10(1), 93–101.
Article Metrics
Abstract Views : 75 timesPDF Downloaded : 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Amelia Rahmadani, Idawati Idawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.