Pengembangan Video Gerakan Tari Panen pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK N 01 Sitiung

Ana Novitasari(1), Aprimadedi Aprimadedi(2), Sumira Sumira(3),
(1) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia  Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia  Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Ana Novitasari, Aprimadedi Aprimadedi, Sumira Sumira

DOI : https://doi.org/10.24036/js.v13i2.129967

Full Text:    Language : id; en

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya membangun karakter aku cinta Indonesia sejak dini dengan mencintai kebudayaan sendiri agar menjadi bekal dan menjadikan rakyat Indonesia yang cerdas dan berkarakter yang unggul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalkan budaya kepada anak terutama tari tradisional karena anak mengetahui sejarah tarian yang dapat menumbuhkan pemahaman anak tentang kebudayaan yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D: Definisi, Desain, Development, Disseminate. Berdasarkan hasil validasi dari segi isi/materi 92% (sangat valid). tingkat praktikalitas Video Gerakan Tari Panen pada proyek pengutan profil pelajar Pancasila untuk anak usia 5-6 tahun di TK N 01 Sitiung mencapai nilai rata-rata 100% (sangat praktis). Nilai efektifitas video Gerakan Tari Panen dengan rata-rata 83,75% yang diperoleh dari Gerakan Tari Panen anak usia dini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Video Gerakan Tari Panen pada proyek pengutan profil pelajar Pancasila untuk anak usia 5-6 tahun di TK N 01 Sitiung dinyatakan valid, praktis dan efektif.

 

This research is motivated by the importance of building the character of I love Indonesia from an early age by loving one's own culture so that it becomes a provision and makes the Indonesian people intelligent and with superior character. The aim of this research is to introduce culture to children, especially traditional dance because children know the history of dance which can increase children's understanding of culture in Indonesia. This type of research is research and development (R&D) research using the 4-D Define, Design, Development, Disseminate) development model. Based on validation results in terms of content/material, 92% (very valid). The level of practicality of the Harvest Dance Movement Video in the project to develop the Pancasila student profile for children aged 5-6 years at TK N 01 Sitiung achieved an average score of 100% (very practical). The effectiveness value of the harvest dance movement video with an average of 83.75% was obtained from early childhood harvest dance movements. Thus, it can be concluded that the Harvest Dance Movement Video in the project to develop the Pancasila student profile for children aged 5-6 years at TK N 01 Sitiung was declared valid, practical and effective.

Keywords


Pengembangan Video, Gerakan Tari, Anak Usia 5-6 Tahun

References


Apriansyah, M. R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Asmarani, R., Widiyati, E., Nuruddin, M., Susilo, C. Z., & Pratiwi, E. Y. R. (2020). BUKU PENDIDIKAN SENI TARI.

Astuti, F. (2016). BUKU_SENI_TARI_1. KENCANA.

Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Dini Irawati, A. M. I. A. H. B. S. A. (2022). PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN KARAKTER BANGSA. EDUMASPUL JURNAL PENDIDIKAN, volume 6, 1224–1238.

Djuanda, I., & Agustiani, D. (2022). PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TARI KREASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN.

Eka Retnaningsih, L., Khairiyah, U., & Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, S. (2022). SELING Jurnal Program Studi PGRA KURIKULUM MERDEKA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Program Studi PGRA, volume 8, 143–158.

Fadlillah, M., Rahmawati, I. Y., & Setyowahyudi, R. (2022). Desain Playground Budaya sebagai Media untuk Menanamkan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3361–3368. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2380

Gasima Putri, R., & Desfiarni, ; (2021). PELESTARIAN TARI AMBEK-AMBEK OLEH SANGGAR TIMBULUN KOTO BASAGA DI NAGARI KOTO ANAU KECAMATAN LEMBANG JAYA KABUPATEN SOLOK. Jurnal Sendratasik, 10, 227–236. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/user

Hanifa, I., & Astuti, F. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1 Talamau. Jurnal Sendratasik, 11(3), 391. https://doi.org/10.24036/js.v11i3.117813

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Marani, O. N., & Rantina, M. (2023). Pengembangan Tari Kreasi Berbasis Tema Pada Anak Usia (5-6) Tahun Di Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 96–112.

Novitasari, A., Agus Saputra, & Meirisa Atika Putri. (2023). PENGEMBANGAN GERAKAN TARI TRADISIONAL TEMPURUNG UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA PEMBELAJARAN SENI DI TK N 02 TIUMANG. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, volume 6.

Novitasari, A., & Yunimar Ningsih, S. (2023). Pengembangan Video Tari Kijang Untuk Pengenalan Budaya Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK N 02 Tiumang. Journal Of Social Science Research, Volume 3, 11024–11035.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, volume 1.

Pamungkas, J. (2021). Buku Ajar Estetika Dasar Gerak Tari untuk Anak Usia Dini Estetika Dasar Gerak Tari untuk Anak Usia Dini.

Prima, S., hartini, & Nur Afifah, S. (2022). PENGANTAR SENI TARI DAN GERAK DASAR (B. M. Suwarno, Ed.).

Purnomo, E., Haerudin, D., Rohmanto, B., & Juih, J. (2017). Seni Budaya.

Putri Amanda, A., & Nerosti, N. (2023). Bentuk Penyajian Tari Galombang Sanggar Umbuik Mudo dalam Pesta Perkawinan di Nagari Sungai Asam, Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Sendratasik, 12(1), 93. https://doi.org/10.24036/js.v12i1.121220

Ramdani, A. F., Restian, A., & Cahyaningtiyas, I. A. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Arina Restian Isqi Agustin Cahyaningtiyas. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 119–127.

Riani Johan, J., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 372–378.

Salahuddin, A., Aprimadedi, & Nurizati. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut Terhadap Keterampilan Membaca Teks Puisi Siswa Kelas VIII di SMPN 29 Kabupaten Tebo. Journal of Social Science Research, volume 3, 7694–7702.

Setiawati, R. (2008). SENI TARI JILID 2 SMK (M. Suryadewi, Ed.).

Suwitri, R., Novitasari, A., & Effendi, R. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Gerak Tari Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4700–4707. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1539

Yulinis. (2020). 5. Tari Panen Representasi Budaya Agraris di Minangkabau (1).


Article Metrics

 Abstract Views : 48 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ana Novitasari, Aprimadedi Aprimadedi, Sumira Sumira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.