Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama "Mencari Taman" Karya Norca M. Massardi
(1) Prodi Pendidikan Sendratasik, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Sendratasik, Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Nensy Ika Syafriyanti
DOI : https://doi.org/10.24036/js.v13i2.129779
Full Text: Language : id; en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama “mencari taman” karya Norca M. Massardi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Sumber data yang digunakan adalah naskah drama “mencari taman” karya Norca M. Massardi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca dan memahami naskah, lalu mengidentifikasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengidentifikasi data, mengklasifiksi data, menyimpulkan dan membuat laporan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat sepuluh nilai-nilai pendidikan karakter dalam naskah drama “mencari taman” karya Norca M. Massardi diantaranya yaitu nilai pendidikan karakter religius, nilai pendidikan karakter jujur, nilai pendidikan karakter toleransi, nilai pendidikan karakter disiplin, nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, nilai pendidikan karakter mandiri, nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif, nilai pendidikan karakter cinta damai, nilai pendidikan karakter peduli sosial, dan nilai pendidikan karakter tanggung jawab. Dalam naskah drama terdapat dialog yang berupa ungkapan yang diucapkan oleh pemberi tuturan dan dijawab oleh penerima ujaran dan disitulah dipaparkan nilai-nilai pendidikan karakter.
This research aims to find and describe the values of character education contained in the script of the drama "looking for a garden" by Norca M. Massardi. This study uses a type of qualitative research with a content analysis method. The main instrument in this study is the researcher himself. The source of data used is the script of the drama "looking for a garden" by Norca M. Massardi. The data collection technique is carried out by reading and understanding the manuscript, then identifying. The steps of analyzing data are identifying data, classifying data, inferring and creating reports. The results of this study revealed that there are ten character education values in the drama script "Looking for a Garden" by Norca M. Massardi, including the value of religious character education, the value of honest character education, the value of tolerance character education, the value of discipline character education, the value of curiosity character education, the value of independent character education, the value of friendly/communicative character education, the value of peace-loving character education, the value of social care character education, and the value of responsibility character education. In the drama script there is a dialogue in the form of expressions spoken by the speaker and answered by the recipient of the speech and that is where the values of character education are explained.
Keywords
References
Anwar, F. (2019). Kritik Sosial dalam Naskah Drama Alangkah Lucunya Negeri Ini Karya Deddy Mizwar. , 4(1), 105-121. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1), 105–121.
Artemen, D. E. P., Nasional, P., Jenderal, D., Aan, K., Pengembangan, P., &
Kebudayaan, M. (n.d.). Kumpulan Naskah Drama Pemenang Sayembara Naskah.
ASMANIAH, Z. (2015). NASKAH DRAMA RAJAPATI KARANGAN AHMAD BAKRI (Kajian Struktural dan Pragmastilistik). Lokabasa, 6(2), 219–226. https://doi.org/10.17509/jlb.v6i2.3174
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Bahonie, S. K. R., Hefni, A., & Indrahastuti, T. (2022). Analisis Naskah Drama Year Ten Thousandth Karya Fajri Syamsirani Dengan Unsur Dekonstruksi. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v2i2.957
Caliskan, Y. (2016). 국회선진화법’ 에 관한 보론No Title’. 입법학연구, 제13집 1호(May), 31–48.
Chairilsyah, D. (2020). Berani Hidup Jujur. Educhild, 5(1), 8–14.
Dedi Kurnia, J. L. T. H. K. (2017). Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik Guru Seni Budaya Di SMAN 3 Kota Pariaman. E-Jurnal Sendratasik, 6(1), 62–68.
Fadilah et all. (2017). Pendidikan Karakter. In Cv. Agrapana Media (Vol. 01).
Kambang, N., & Pesisir, K. (2012). 1 , 2 , 3. September, 23–33.
Moleong, L. . (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. deepublish.
Mustari, M. (2011). Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. 1–13.
Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra Anak Persoalan Genre. Journal UGM, 16(2), 107–112.
Purwanto, M. . (2010). Psikologi pendidikan. Deepublish.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 50. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60
Safitri, N. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Bidadari Bumi 9 Kisah Wanita Sholehah. Penelitian Pendidikan, 38(2), 65–69.
Siswoko, K. H. (2017). Kebijakan Pemerintah Menangkal Penyebaran Berita Palsu atau ‘Hoax.’ Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 13. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.330
Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4
Zalmasri, H. E., & Thahar, N. (2014). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Naskah
Drama Anak Kerajaan Burung Karya Saini Km Dan Naskah Drama Anak Neng Nong Karya M. Udaya Syamsudin. Sastra Dan Pembelajaran, 2(3).
Article Metrics
Abstract Views : 57 timesPDF Downloaded : 23 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nensy Ika Syafriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.