Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Piring di Sanggar Tuah Saiyo Padang

Hasminda Fitri(1), Belirda Wulan Dhari(2),
(1) Prodi Pendidikan Tari, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Sendratasik, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Hasmida Fitri

DOI : https://doi.org/10.24036/js.v13i2.129379

Full Text:    Language : id

Abstract


Zaman sekarang anak belum memahami nilai karakter dalam menumbuhkan kesadaran terhadap pelestarian kesenian daerah, seperti tari piring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dan mengungkapnya makna nilai karakter yang terkandung dalam tari piring di Sanggar Tuah Saiyo Padang. Manfaat yang dapat diperoleh dari pemahaman secara kontekstual tentang tari sebenarnya akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa yang mempelajari. Dengan pemahaman kontekstualitasi maka anggapan tari sebagai pelajaran praktek ansich akan terkikis. Penelitian menggunakan kajian pustaka dengan menggunakan meta analisis dari review sejumlah jurnal nasional dengan mengelompokkan artikel dengan topik yang sama kemudian dianalisis yaitunya Tari Piring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat nilai pendidikan karakter dalam gerak tari piring perlu dilakukan secara berkesinambungan untuk menanamkan nilai pendidikan karakter sejak dini.  

 

Today's children do not understand the value of characters in raising awareness for the preservation of local arts, such as the dish dance. This research aims to describe the educational values of characters and reveal the meaning of character values contained in plate dance in Sanggar Tuah Saiyo Padang. The benefits that can be obtained from a contextual understanding of dance will actually make a significant contribution to the formation of the character of the students who study it. By understanding contextualization, the perception of dance as an ansich practical lesson will be eroded.

This research aims to articulate the educational value of the character found in the plate dance movement. The study used a literature review using meta-analysis of reviews from a number of national journals by grouping articles with the same topic then analyzed based on the dance moves of the dish. The results of the study show that there is a value of character education in the movement of the plate dance needs to be done continuously to instill the value of character education from an early age.


Keywords


Pendidikan Karakter; Tari Piring

References


Anggraini, D. A., & Astuti, F. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gerak Tari Piring di Sanggar Pelangi Ranah Minang di Kota Padang. Sendratasik, 10(1), 156–167.

Anisa, R. N., Nurafifah, F. F., Munawarah, S., & Sumantri, M. S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Seni Tari di SDN Perwira IV Bekasi Utara. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 18–23.

Damayanti, Eka; Ahmad, A. B. A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget berdasarkan Aspek Perkembangan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/DOI: dx.doi.org/1021274/martabat.2020.4.1.1-22

Damayanti, H. W., Sarjiwo, & Probosini, A. R. (2022). Nilai-NIlai Pendidikan Karakter pada Tari Sekar Pusdyastuti dan Relevansinya dalam Pembelajaran Seni. Indonesian Journal of Performaing Arts Education, 2(1), 20–26.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrma Widya.

Gazanofa, F. S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Gerak Tari Piring . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3162–3173.

Hardi, N., Yensharti, & Syeilendra. (2014). Hubungan Musik dengan Tari Piriang Rantak Tapi di Kanagarian Pitalah. Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 2(2), 35–43.

Indrayuda. (2013). Popularitas Tari Piring sebagai Identitas Budaya Minangkabau. Panggung, 23(3), 270.

Izaty, R., & Nerosti. (2019). Bentuk Garapan Tari Piring Lampu Togok Kreasi Sanggar Lubuak Nan Tigo Kota Solok. Sendratasik, 8(1), 62–69.

Kemendikbud. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Kuswarsantyo. (2012). imaji dan kontribusinya terhadap pembentukan karakter anak. joged, 16

Lodra, I. N. (2016). Perkembangan Kesenian Tari Tradisional Sumatera Barat dalam Perspektif Hak Kekayaan Intelektual (HKI), BIdang Hak Cipta. Jurnal Seni Dan Budaya Padma, 10(1), 49–60.

Lorig, F., Johansson, E., & Davidsson, P. (2021). Agent based Social Simulation of the Covid-19 Pandemic: A Systemic Review. Journal of Artificial Societies and Social Simulation, 24(3), 1–20. https://doi.org/DOI: 10.18564/jasss.4601

Precillia, M. (2013). Pertunjukan Tari Piring Kumun Sebagai Representasi Sosiologi Gender dan Upaya Pelestarian Adat Budaya Kerinci. Sendratasik, 12(3), 364–379.

Rindiani, A., & Zaqiah, Y. Q. (2022). Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Taman Kanak-Kanak Kuncup Kartika Kecematan Jatinangor Kabuaten Sumedang. J-STAF (Shiddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah) , 1(1), 75–99.

Sari, N., Disurya, R., & Siswanto, S. (2022). Bentuk Penyajian Tari Piring pada Sanggar Pikko Kota Palembang. PENSI, 2(1), 115–128.

Soedarsono. (1992). Pengantar Apresiasi Seni. Balai Pustaka.

Syahrial. (2013). Guna dan Fungsi Tari Piring Padang Magek Sumatera Barat. GREGET, 12(1), 128–142.

Tusakdiah, H., & Turyati. (2023). Tari Piring dalam Kesenian Randai di Sanggar Palito Nyalo Kota Padang Sumatera Barat. Makalangan, 10(1), 1–13.

Wahyuni Ningsih, S., Sakundarno Adi, M., & Dian Saraswati Peminatan Epidemiologi dan Penyakit Tropik Fakultas Kesehatan Masyarakat, L. (2019).

Systemic Review Metode Intervensi Pengetahuan Masyarakat dalam Pengendalian Kasus Leptospirosis di Wilayah Kota Semarang (Vol. 7, Issue 1). http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

Wike, & Lestari, W. (2021). Pewarisan Tari Piring Gelas Musi Rawas bagi Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya Sitara, 6(2), 132–143.


Article Metrics

 Abstract Views : 42 times
 PDF Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hasmida Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.