Musik Rodat Sebagai Sumber Belajar Musik Daerah Setempat di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Universitas PGRI Palembang

Rio Eka Putra(1), Sonia Anisa Utami(2),
(1) Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang  Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Rio Eka Putra, Sonia Anisa Utami

DOI : https://doi.org/10.24036/js.v12i4.126483

Full Text:    Language : id

Abstract


The development of education with interest in practical lectures today has experienced a slight decline when seen in terms of students' interest in traditional music, especially regional music courses in the Performing Arts Study Program at PGRI University in Palembang. In this case, the researcher as a lecturer hopes to stimulate students' interest in being more creative and understanding theory and practice in learning local regional music. The research aims to provide students with an understanding of the history of Rodat's musical development and to be able to play one of his repertoires entitled Bissahri Robbi through notation quickly and precisely. Data collection techniques were carried out using observation, interviews and documentation steps. The data that has been collected is then presented descriptively. The results of the research show that learning Rodat music can help students understand history, instrument techniques, musical aspects, text aspects (lyrics), as well as the form of presentation of Rodat music to the community as a source of learning regional music.

 

Perkembangan pendidikan dengan minat perkuliahan praktek dewasa ini mengalami penurunan apabila dilihat dari segi peminatan mahasiswa terhadap musik tradisional, khususnya mata kuliah musik daerah pada Prodi Seni Pertunjukan di Universitas PGRI Palembang. Dalam hal ini peneliti sebagai dosen berkeinginan agar dapat memacu minat mahasiswa untuk lebih kreatif serta memahami teori dan praktek, dalam pembelajaran musik daerah setempat. Penelitian bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai sejarah musik Rodat serta mampu memainkan salah satu repertoarnya dengan judul Bissahri Robbi melalui notasi dengan cepat dan tepat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan langkah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa pembelajaran musik Rodat dapat membantu mahasiswa dalam memahami sejarah, teknik instrument, aspek musikal, aspek teks (lirik), serta bentuk penyajian musik Rodat pada masyarakat sebagai sumber belajar musik daerah.

 


Keywords


Musik Rodat; Sumber Belajar, Musik Daerah

References


Cahyadi, A. ( 2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar (Teori dan Prosedur). Serang Baru: Laksita indonesia.

Haviland, A. (1985). Antropologi, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Heriyawati, Y. (2016). SENI PERTUNJUKAN DAN RITUAL. Yogyakarta: Ombak.

Hidayat, H. A., Nursyirwan, N., & Minawati, R. (2017). INTERAKSI SOSIAL DALAM KESENIAN KOMPANG PADA MASYARAKAT DUSUN DELIK, BENGKALIS. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 4(2), 196. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v4i2.547

Lontoh, W. D. F. (2020). Proses Difusi syarofal Anam pada Sanggar An-Najjam Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Seni & Budaya, 94–103.

Takari, Muhammad. (2005). Komunikasi Dalam Seni Pertunjukan Melayu. Etnomusikologi, 1(2), 149–203.

Sandika, D., Firmansyah, F., & Putra, R. E. (2022). Bentuk dan Struktur Musik Rodat di Kabupaten Empat Lawang. Grenek Music Journal, 11(1), 27. https://doi.org/10.24114/grenek.v11i1.33577

Santoso, G., Abdul Karim, A., Maftuh, B., & Murod, mun. (2023). Kajian Wawasan Nusantara melalui Local Wisdom NRI yang Mendunia dan Terampil dalam Lagu Nasional dan Daerah Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 197–209. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/144

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zubaedi, Z., Utomo, P., & Musofa, A. A. (2022). Nilai-nilai Kerja dalam Kesenian Islam Syarafal Anam Sebagai Bimbingan Pribadi-Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Cegah Tangkal Radikalisme (Deradikalisasi). Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 6(2), 79. https://doi.org/10.29300/ttjksi.v6i2.4464

Kherid, Z. Y. (2009). Sumber Belajar dari Berbagai Macam Sumber. Jakarta: PPs UNJ.

Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Study Kompetensi Guru. Bandung: PT Rosda karya.

Moses, M. (2012). Analisis pengaruh pendididkan , pelatihan dan pengalaman kerja terhadap produkrivitas kerja pegawaidinas pertambangan dan energi provinsi Papua. Papua: Media Riset Bisnis & Manajemen.

Putra, R. E. (2023). Bentuk Penyajian Kesenian Hadroh dalam Acara Selamatan Dimasa Pandemi oleh Kelompok Sabulussalam dalam di Kota Palembang. Journal on Education, 4170.

Putra, R., & Ilhaq, M. (2019). Creative Of Sendratasik (Art, Drama, Dance, Music) Students at the University Of PGRI Palembang. Ekspresi Seni Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 105.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daftar Narasumber:

Syarifudin, (56 Tahun). Pelaku Seni: Pemahaman Teks atau lirik Musik Rodat. Jalan Beringin Sukabangun II. Palembang Sumatera Selatan

Nurdin (34 Tahun). Penggarap Musik Rodat (Sanggar Dinda Bestari). Jalan Taqwa Mata Merah Kota Palembang.


Article Metrics

 Abstract Views : 68 times
 PDF Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rio Eka Putra, Sonia Anisa Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.