PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMP NEGERI KECAMATAN SOSA
(1) Universitas Medan Area  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Triana Hamidah
DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v14i1.122363
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru SMP Negeri di Kecematan Sosa Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 102 guru SMP di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik total sampling, dimana seluruh populasi adalah sampel, yaitu berjumlah 102 guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan adalah skala kepemimpinan transformasional, skala motivasi kerja dan skala profesionalisme guru. Analisa data menggunakan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Ada pengaruh kepemimpinan trnasformasional dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru SMP Negeri di Kecamatan Sosa Kabupaten padang Lawas Sumatera Utara dengan kontribusi sebesar 17.04%. (2) Ada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap profesionalisme guru SMP Negeri di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara dengan kontribusi sebesar 8.844%. (3) Ada pengaruh motivasi kerja terhadap profesionalisme guru SMP Negeri di Kecamtan Sosa Kabupten Padang Lawas Sumatera Utara dengan kontribusi sebesar 8.16%. Hasil lainnya yang diperoleh dari penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional, motivasi kerja dan profesionalisme guru SMP Negeri di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara berada pada kategori tinggi.
Kata kunci : profesionalisme guru, kepemimpinan transformasional, motivasi kerja
References
Andriani, M., & Widiawati, K. (2017). Penerapan Motivasi Karyawan Menurut Teori Dua Faktor Frederick Herzberg Pada PT Aristika Kreasi Mandiri. Jurnal Administrasi Kantor, 5(1), 83–98.
Anoraga, P. (2012). Psikologi Kepemimpinan. Cetakan Kedua. Jakarta : Rineka Cipta.
Ancok, D. (2012). Psikologi kepemimpinan dan inovasi. Jakarta: Erlangga
Arikunto. (2013). Metodologi Penelitian, Jakarta.: PT. Rineka Cipta,
Aqib. Zainal. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.
Azwar. (2014). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Barnawi dan Mohammad Arifin. (2014). Kinerja Guru Profesional: Instrumen. Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta:
Bass, B. (2005) Leadership and Performance Beyond Expectations. New York: The free Press.
Bersona, Y dan Avolio, B. J (2004). Transformational Leadership and The Dissemination of Organizational Goals: A Case Study of Telecomumunication Firm. Journal of The Leadership Quarterly, 15 (2204) 625-646
Budiarto, Y., & Selly. (2004). Komitmen Karyawan Pada Perusahaan Ditinjau Dari Kepemimpinan Transformasional & Transaksional. Jurnal Psikologi, Vol.21,No.9, 121-159.
Eliyanto, E., & Wibowo, U. B. (2013). Pengaruh jenjang pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sma muhammadiyah di kabupaten kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 34-47.
Hamalik, Oemar. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: UPI
Indrakusuma, A.D. (2008). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Bumi Aksara.
Kailola, L. G., Wartono, T., & Simbolon, B. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di Lembaga Pendidikan Bina Pangudi Luhur Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5390-5400.
Kunandar ( 2007). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77-93.
Luthans, F. (2011). Organizational Behaviour (12th ed.). New York: McGraw-Hill Companies,
Mangkunegara, A. A. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhajirin, M., Prihatin, T., & Yusuf, A. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik dan Partisipasi Guru pada MGMP Melalui Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMA/MA. Educational Management, 6(2), 170-177.
Mulyasa, (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesion dalam konteks Menyuksesskan MBS dan KBK(cet.4). Bandung : Remaja Rosdakarya.
Neolaka, A. (2015). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Dengan Profesionalisme Guru (Studi Kasus Di SMA Negeri 47 Jakarta). Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 155-170.
Nugroho, S. (2012). Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Suatu tinjauan aspek persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru. Jurnal Varidika, 24(2).
Norlander, K.A. (2016). Guru Profesional. Jakarta: PT. Mancana Jaya Cemerlang.
Nova (2019). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Swasta Di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung.
Novitasari, P., & Satrio, B. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(9).
Nurhadian, A. F. (2017). Pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 11(1).
Rivai, Veithzal. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rivai, V. dan Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Robbins Stephen P. (2002).Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi.Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Sahertian, P. (2006). Super Visi Pendidikan Dalam Rangka Program Inservice Education. Surabaya: Usaha Nasional.
Saud. U.S. (2015). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Saudagar. F & Idrus. A. (2013). Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gatung Persada Press.
Selly & Budhiarto. Y. (2004). Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional. Jurnal Psikologi Vol, 2(2), 121.
Siagian,S.P. (2004). Teori Motivasi Dan Aplikasinya,Bina Aksara Jakarta
Sule,E. T. & Priansa, D.J. (2018). Kepemimpinan Dan Perilaku organisasi. Bandung: Refika aditama
Supriadi, D. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012) Metodologi penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syarafudin, H.M & Ikawati, H.D (2020) Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. Jurnal Cahaya Mandalika.Vol. 1 No. 2
Swasto, Bambang., Okto Abrivanto P & Hamidah Nayati Utami. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisni, 7(2).
Tambunan, E. S., Tambunan, W., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Self-Efficacy Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 1 Habinsaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3342-3352.
Terry, George dan Leslie W.Rue. (2010) Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Tucunan, R. J. A., Supartha, W. G., & Riana, I. G. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Motivasi dan kinerja Karyawan. E-jurnal ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3(09), 533-550.
Triatna, C. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD)
Wagimo, A., & Ancok, D. (2005). Transformational and transactional leadership relationship with subordinate in military. Jurnal Psikologi, 32(2), 112-127.
Wardoyo, S., & Supriyoko, S. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Latihan, Motivasi Kerja dan Masa Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMKN di Wonosobo. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 107-115.
Zakiya, M., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356-465.
______ Arti Kata – Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, [online],
(http://www.kbbi.web.id/stiker, diakses Oktober 2022.
______Jendela Kemdikbud: Berita Detail Mengembalikan Profesionalisme Guru Online,[online],(https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/berita/detail/mengembalikanprofesionalisme-guru, diakses Oktober 2022.
Article Metrics
Abstract Views : 290 timesPDF Downloaded : 58 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Triana Hamidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.