The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Kesenjangan antara standar kecantikan yang berlaku dimasyarakat dengan bentuk tubuh yang dimiliki membuat banyak individu mengalami body dissatisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self compassion dengan body dissatisfaction pada dewasa awal pengguna Instagram. Partisipan dalam penelitian ini adalah 67 mahasiswa laki-laki/perempuan berusia 18-24 tahun dan aktif menggunakan sosial media Instagram. Terdapat 2 alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Body Shape Questionnaire (BSQ-34) dan Self Compassion Scale (SCS) yang masing-masing telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistika non parametrik yaitu Spearman Rank dengan koefisien korelasi sebesar -0,553 dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya, semakin rendah body dissatisfaction maka akan semakin tinggi self compassion pada dewasa awal pengguna Instagram, begitu juga sebaliknya. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mengembangkan self compassion bagi individu dewasa awal agar dapat mengurangi terjadinya body dissatisfaction.

 

Kata Kunci: Self Compassion, Body Dissatisfaction, Dewasa Awal