The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Salah satu kunci sukses perusahaan adalah keterlibatan karyawan / pegawai. Karyawan / pegawai yang memiliki keterlibatan yang kuat biasanya dapat bekerja lebih baik dan memberikan hasil kerja yang lebih baik pula bagi perusahaan. Salah satu cara mengukur keterlibatan ini adalah dengan alat ukur keterlibatan karyawan / pegawai. Alat ukur keterlibatan karyawan / pegawai ini dikembangkan oleh Shuck dkk. (2016) dan belum pernah diadaptasi dalam konteks budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengadaptasi skala keterlibatan karyawan / pegawai sesuai rekomendasi ITC Guidelines (ITC, 2016) dengan bukti reliabilitas dan validitas yang baik. Uji yang dilakukan meliputi reliabilitas konsistensi internal Alpha Cronbach, validitas isi, teori tes klasik melalui daya pembeda item, serta analisis faktor konfirmatori. Partisipan dalam penelitian (N=337) diambil dengan mempertimbangkan kemudahan sampling. Skala yang diadaptasi menghasilkan reliabilitas konsistensi internal α=0.917. Hasil uji menunjukkan bahwa validitas isi relevan (I-CVI ; S-CVI/UA ; S-CVI/Ave ) dengan daya diskrimasi item yang baik ( ). Hasil analisa faktor konfirmatori menunjukkan skala keterlibatan karyawan / pegawai memenuhi kriteria kecocokan (CFI=0.956; TLI=0.942; NNFI=0.942; NFI=0.937; PNFI=0.710; IFI=0.956; RNI=0.956; RMSEA=0.080; SRMR=0.050; dan GFI=0.928) dengan satu modifikasi indeks pada item EE3 & EE4. Hal ini berarti alat ukur skala keterlibatan karyawan / pegawai yang telah melalui serangkaian proses adaptasi ke dalam versi Bahasa Indonesia adalah reliabel dan valid.

Keywords


adaptasi; keterlibatan karyawan / pegawai; reliabilitas; validitas