PENGARUH PELATIHAN KEPEMIMPINAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA SISWA SMK

Rany Fitriany(1), Syarifah Ivonesti(2),
(1) Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang  Indonesia
(2) Stain Bengkalis  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Rany Fitriany

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v12i2.108596

Full Text:    Language : indonesia

Abstract


Abstract: The Effects of Basic Leadership Training to enhance  Self-Efficacy of Vocational High School Students.

This study is aimed at recognizing the effects of Basic Leadership Training to enhance Vocational High School Students’ Self-Efficacy. The study used quasi-experiment method with the one group pretest-posttest design. Participants were vocational high school students. Self-efficacy was measured using self-efficacy scale, interview and observation. The data were analyzed using paired sample t-test to get the statistical data of measurement for before and after intervention. Study suggested that t= 1.879, sig=0.071 (sig>0.05). it indicates that there is no sinificant effects of basic leadership training to paricipants’ self-efficacy before and after intervention.

Abstrak : Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Dasar Untuk Meningkatkan Self Efficacy Pada Siswa SMK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan kepemimpinan dasar untuk meningkatkan self efficacy siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Pengumpulan data menggunakan skala Sefl Efficacy, wawancara, dan observasi. Desain penelitian yang digunakan adalah The one Group Pretest-postest Desaign. Analisis menggunakan menggunakan analisa statistik Paired sample t-test digunakan untuk melihat perbedaan self efficacy siswa SMK sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan kepemimpinan dasar. Hasil penelitian self efficacy siswa SMK menunjukan bahwa nilai t sebesar 1,879 dengan sig 0,071 (nilai sig > 0,05) berarti hipotesis ditolak yaitu tidak ada perbedaan self efficacy sebelum pelatihan dan setelah mengikuti pelatihan kepemimpinan dasar siswa SMK. Mean dari skala self efficacy adalah sebesar 5,535 dengan standar deviasi sebesar 15,59. Artinya tidak ada pengaruh peningkatan terhadap self efficacy siswa SMK setelah mengikuti pelatihan kepemimpinan dasar.

 


Keywords


Pelatihan kepemimpinan dasar, Self efficacy, siswa

References


Alwisol. (2006). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Audina, Merry, (2018). Pelatihan Self efficacy Untuk Menurunkan Intensi Mencontek. Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amir, hermansyah (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri Dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Unversitas, Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 10, Nomor 4, Juli 2016, hlm. 336 – 342.

Agustina, Ike & Moch, B. (2012) Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Diri Untuk meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan, Jurnal Intervensi Psikologi, Volume 4, Nomor 2 hlm. 231-252.

Bandura, Albert. (1997). Self Efficacy, the exercise of control. Stanford University : Newyork.

Cherian, J., & Jacob, J. (2013). Impact Of Self Efficacy on Motivation and Perfomance of Employees. International Journal Of Business and Management, 8(4). 80-88

Febrihariyanti, D. N & Suharnan. (2013). Pengaruh Pelatihan Dasar Kepemimpinan Terhadap Kepercayaan Diri dan Kemampuan Problem Soving Anggota Pramuka, Jurnal Psikologi Indonesia, Volume 2, Nomor 2, hlm 139 - 152

KirkPatrick, D. L., (1975). Evaluation of Training: Chapter 18. Milwaukee.

Lestari, Ria Yuni (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik, Untirta Civic Education Journal. Volume. 1, Nomor. 2,136-152.

Mukhid, Abd. (2009). Self Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya Terhadap pendidikan) Tadris Journal. Volume 4. Nomor 1.

Myers, A. & Hansen, C. H. (2002). Experimental Psychology, (5th ed). Pacifik Groves: Wadsworth.

Pfeiffer, J.W. & Jones, J.E. (Eds., 1979). A Handbook of structured experiences for human relation training. Volume VII. Amsterdam : Pfeiffer

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_kejuruan diunduh 01-02-2019

https://jabar.kemenag, go.id/assets/uploads/ regulasi/ wnmd1401767965.pdf di unduh 01 Februari 2020

Rahmalia, Reni (2013). Pengaruh Pelatihan “ME AND MY FUTURE” Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru BK Tentang Perencanaan Karir Peserta Didik, Tesis, Program Studi Magiser Psikolog Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Salas, E., & Bowers, C.J.A. (2001). The science of training: A decade of progress. Annual Review Psychology, 52, 471-499.

Santrock, John W. (2008. Psikologi Pendidikan terjemahan oleh Tri Wibowo B.S. Cetakan 2, Jakarta: Kencana

Santrock, J. W. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Shaughnessy, J. J. Eugene, Z. B, Jeanne, Z. S. (2007). Metodologi Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suseno, Miftahun Ni'mah. (2009). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Self efficacy Sebagai Pelatih Pada Mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, Volume. 1, Nomor. 1, 93-106.

Syahrina, I. A., & Ester. (2016). Self Efficacy Dengan Academic Dihonesty Pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang. Jurnal RAP UNP, 7(1), 24-35.

Tanzeh, A & Suyitno (2006). Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Lembaga Kajian Agama dan Filsafat (eLKAF).

Yuwono, Ino, dkk. (2005). Psikologi Industri dan Organisasi. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.


Article Metrics

 Abstract Views : 1191 times
 PDF Downloaded : 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rany Fitriany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.