Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Berafiliasi Dengan Intensi Prososial Kelas XI SMU

Seri Erlita(1),
(1) UIN RAden Fatah PAlembang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Seri Erlita

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108524

Full Text:    Language : idn

Abstract


Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dan motivasi berafiliasi terhadap intensi prososial pada siswa kelas XI SMA N 10 Palembang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 250 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua variabel prediktor (Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Berafiliasi) merupakan prediktor terhadap variabel kriterium (Intensi Prososial) dengan nilai F=66,307 (p<0,01). Komunikasi Interpersonal dan motivasi berafiliasi berperan positif terhadap intensi prososial yang berarti bahwa peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal dan motivasi berafiliasi akan meningkatkan Intensi Prososial. Komunikasi interpersonal dan motivasi berafiliasi bersama-sama berkontribusi terhadap intensi prososial sebesar 34,9%.

Keywords


prosocial intention, interpersonal communication, affiliated motivation, students of class XI SMU

References


Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004a). Psikologi sosial (edisi kesepuluh jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004b). Psikologi sosial (edisi kesepuluh jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Baron, R., & Byrne, D. (1991). social psychology understanding human interaction. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Cashwell, T. H., Skinner, C. H., & Smith, E. S. (2001). Increasing second-grade students' reports of peers' prosocial behaviors via direct instruction, group reinforcement, and progress feedback: A replication and extension. Education and treatment of children, 24(2), 161-175.

Chaplin, J. (1999). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cushman, D., & Craig, R. (1976). Communication systems: Interpersonal implications. In G. Miller , Explorations in interpersonal communication (pp. 37–58). Beverly Hills, CA: Sage.

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2003). Psikologi sosial. Malang: Universitas Muhammadiyah, Malang Press.

Draper, N., & Smith, H. (1998). Applied regression analysis (3rd ed). New York: John Wiley & Sons.

Eisenberg, N., & Mussen, P. H. (1989). The roots of prosocial behavior in children. New York: Cambridge University Press.

Feist, J., & Feist, G. (2010). Teori kepribadian: Theories of personality ( Edisi 7 Buku 2). Jakarta: Salemba Humanika.

Fishbein, & Ajzen. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to therapy and research. California: Addison Wesley.

Greener, S. h. (2000). Peer assessment of children's prosocial behaviour. Journal of moral education, vol. 29, no. 1, 47-60.

Hadi, S. (2004). Metodologi research (Jilid 2). Yogyakarta: Andi.

Husamah. (2015). Kamus psikologi super lengkap. Yogyakarta: Andi Offset.

Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 3. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kartono, K., & Gulo, D. (1987). Kamus psikologi. Bandung: CV Pionir Jaya.

McClelland, O. (1987). Human motivation. New York: Cambridge University.

Mercer, J., & Clayton, D. (2012). Psikologi Sosial: Terjemahan dari psychology express . Jakarta: Erlangga.

Myers, G., & Myers, M. (1992). The dynamic of human communication a laboratory approach. Mc. Gray-Hill, Inc.

Pallant, J. (2007). SPSS survival manual: A step guide to data analysis using SPSS for windows (3rd ed). New York: Open University Press.

Rahmat, J. (1994). Psikologi komunikasi. Bandung: CV Remaja Kerja.

Riyono, B. (2012). Motivasi dengan perspektif psikologi islam. Yogyakarta: Quality Publishing.

Scolloa, M., & Carbaugh, D. (2013). Interpersonal communication: Qualities and culture. Russian Journal of Communication, Volume. 5, 95-103.

Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (1985). Psikologi Sosial (jilid 1): Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (1991). Psikologi sosial (jilid 2): Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Siu, A. M., Shek, D. T., & Lai, F. H. (2013). Predictors of prosocial behavior among chinese high school students in hong kong. Int J child helath hum dev, 6(1), 103-111.

Sobur, A. (2003). Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia.

Staub, E. (1978). Positive social behavior and morality social and personal influence. New York: Academic Press, Inc.

Staub, E., Daniel, Karylowski, J., & Reykowski, J. (1984). Development and maintenance of prosocial behavior (international perspectives on positive morality). New York: Plenum Press.

Vito, J. D. (1995). The interpersonal communication (seven edition). New York: Harper and Row.

Walgito, B. (1997). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andy Offset.

Winarsunu, T. (2004). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (ed.1). Malang: UMM Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 883 times
 PDF Downloaded : 325 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seri Erlita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.