Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak

jun naidin jun(1),
(1) Universitas Teknologi Sumbawa 

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 jun naidin jun

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstraks: Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pola komunikasi interpersonal orang tua terhadap perkembangan kognitif anak di TK Surya Islam Sumbawa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan sebanyak 3 orang ibu, yang merupakan  orang tua siswa TK Surya Islam Sumbawa. Dengan hasil penelitiannya menunjukan bahwa pola komunikasi interpersonal seperti rasa percaya, sikap suportif, dan sikap terbuka orang tua memberikan dampak terhadap perkembangan kognitif anak yang baik seperti persepsi, ingatan, pikiran, simbol, penalaran, dan pemecahan masalah. Serta hubungan yang harmonis, penuh pengertian dan kasih sayang antara orang tua dengan anak.


Keywords


Kata Kunci : Pola Komunikasi Interpersonal; Orang Tua; Perkembangan Kognitif Anak

References


DAFTAR RUJUKAN

Choirunissa, R, & Ediati, A (2018). Hubungan antara komunikasi interpersonal remaja orang tua denga regulasi emosi pada siswa SMK. Jurnal Empati fakultas psikologi universitas Diponegoro. Vol 7. No 3. 236- 243.

Gredler, M, E. (2011). Learning and instruction : Teori dan aplikasi (edisi 6). Jakarta: Kencana.

Gunawan, (2013). Jenis pola komunikasi orang tua dengan anak perokok aktif di desa Jembayan Kec. Loakulu. Kab. Kutai Karta Negara. Jurnal. Ilmu komunikasi.ilkom-fisip-unmul. No 1. Vol. 3. : 218-233.

Hurlock, E, B.(1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Khadijah. (2016). Perkembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Publishing.

Marbaniang, D. (2013). Developing cognitive abilities children. Journal theology of comunication. Hongkong Babtist University. Januari 2013. 33051-4373.

Namin, N. (2015). Mendidik anak keluarga islami. Jakarta: Niaga Swadaya.

Nurhayati, E. (2016). Psikologi pendidikan inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Piaget, J.,& Inhelder, B. (1969). Psikologi anak: The psychology of the child. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmat, J. (2009). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santrock, J, W. (2008). Psikologi pendidikan (edisi ke-2). Jakarta: Kencana.

Siregar, N, S., Wasidi, & Sinthia, R. (2017). Hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dengan perilaku kenakalan remaja. Jurnal ilmiah Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Vol 1. No 1 2017. 2599-1221.

Sunarsih, T. (2018). Tumbuh kembang anak. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyadi. (2010). Psikologi belajar pendidikan anak usia dini. Yogyaarta: Pedagogia.

Syah, M. (2017). Psikologi belajar: Depok. Rajawali Pers.

Situmorang, D, H. (2016). Peran komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam pendampingan menonton film animasi. Jurnal ilmu komunikasi UPN Veteran Yogyakarta. Volume 14. No 1. Januari-April. Halaman 57-67.

Wisnuwardhani, D., & Mashoedi, S, F. (2012). Hubungan interpersonal: Jakarta. Salemba Humanika.


Article Metrics

 Abstract Views : 6398 times
 PDF Downloaded : 2042 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 jun naidin jun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.