The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran peran kelompok acuan, terdiri dari kelompok persahabatan, belanja, kerja, masyarakat maya, dan pegiat konsumen pada pembelian produk fashion secara online shopping. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif dengan jumlah subyek 205 wanita dewasa di daerah Bukittinggi, di ambil secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan kelima kelompok acuan memiliki tingkat peran yang berbeda-beda, namun peran yang paling dominan yang di persepsikan subyek yaitu kelompok persahabatan, selanjutnya yaitu kelompok masyarakat maya, pegiat konsumen, kerja dan terakhir belanja. Kemudian dari hasil uji chi-square menunjukkan diantaradata demografi hanya kategori tempat tinggal yang memiliki perbedaan pada kelompok acuan.

Keywords


Peran kelompok acuan, produk fashion, online shopping