The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Beratnya tugas anggota Brimob menanggulangi konflik dengan intensitas tinggi yang acapkali memerlukan agresivitas untuk menghadapi pelaku kriminal yang meyisakan dampak psikologis (seperti agresivitas) ketika pulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mixed method yaitu integrasi antara metode kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data mengenai agresivitas dilakukan dengan memberikan tes kepribadian 16PF (16 Personality Factor) ditinjau dari faktor E, L dan Q4. Penelitian ini melibatkan 135 subyek secara keseluruhan, kemudian dipilih 5 subyek untuk dianalisa lebih mendalam. Hasil menunjukkan bahwa kelima subyek memiliki agresivitas yang tinggi khususnya pada dimensi fisik dan verbal, memililiki kontrol diri yang rendah dan kecenderungan untuk bersikap bermusuhan pada orang asing.

Keywords


Agresivitas, brimob, konflik, papua