Penerapan Proses Pembelajaran IPS SD Dengan Menggunakan Kooperatif Learning Tipe Jigsaw di Sekolah Dasar
Abstract
Penerapan proses pembelajaran IPS di sekolah dasar secara umum dapat dilihat tiga aspek yaitu penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan melaksanakan penilaian hasil belajar. dari berbagai sumber informasi baik melalui media cetak maupun pada saat pendidikan dan latihan sertifikasi guru banyak yang belum maksimal menguasi modul-modul pembelajaran, khususnya cooperative learning tipe jigsaw. tujuan penulisan laporan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menerapkan model jigsaw dalam proses pembelajaran IPS di sekolah dasar.Terdapat berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi IPS SD antara lain adalah model jigsaw. dalam penerapan pada pembelajaran IPS SD, guru pada awalnya menyajikan materi kepada siswa, setiap siswa dalam kelompok bertanggung jawab mempelajari satu porsi materi, anggota tim yang berbeda dan memiliki materi yang sama berkumpul membentuk tim ahli untuk belajar dan saling membantu mempelajari materi. mereka lalu kembali ke kelompok awal dan menjelaskannya sesuai yang diperoleh pada tim ahli. langkah pembelajaran tipe jigsaw ada 6 langkah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.