Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Ranah Kognitif Dan Afektif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar
Abstract
IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman dalam bersikap dan keterampilan social siswa. Aspek tersebut sangat penting dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu selain ranah kognitif dalam pembelajaran IPS perlu diperhatikan juga mengenai ranah afektif yang berkaitan dengan sikap siswa melalui pendekatan yang memberdayakan siswa dan membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata yaitu pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodep enelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN 11 Telaga DesaDulamayo Selatan KecamatanTelagaKabupatenGorontalo dengan jumlah siswa24 orang yang terdiri dari 13 orang laki-lakidan 11 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan 2 orang siswa yang memperoleh criteria tuntas8 % dengan daya serap 55 %. Pada siklus II meningkat menjadi 21 orang siswa atau 81 % dan daya serap 84 % dari hasil tersebut dinyatakan bahwa criteria tuntas atau indicator tercapai. Dengan demikian disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan ranah kognitif dan afektif siswa sekolah dasar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.