PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER TERINTEGRASI KONTEN MATA PELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Abna Hidayati

Abstract


Abstrak

Penelitian didasari pengamatan di lapangan bahwa karakter hanya diajarkan dalam tataran kognitif, dan belum menjangkau aspek afektif dan psikomotor sehingga siswa kurang memiliki nilai-nilai karakter dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan menemukan model pembelajaran karakter terintegrasi konten mata pelajaran bagi siswa SD di Sumatera Barat. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis riset dan development. Adapun model pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada empat daerah di Provinsi Sumatera Barat, yakni dua daerah yang mewakili kabupaten (Kabupaten Agam, Pasaman Barat), dan dua daerah mewakili kota (Padang Panjang dan Padang). Pemilihan didasarkan karena daerah tersebut memiliki sejumlah program pendidikan karakter yang banyak dilakukan di sekolah-sekolah setempat. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, studi dokumentasi dari narasumber guru, siswa dan pengamat pendidikan, untuk selanjutnya akan dirancang sebuah model pembelajaran karakter yang terintegrasi mata pelajaran. Setelah dilakukan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif temukan bahwa model pembelajaran terintegrasi mata pelajaran yang dikembangkan valid dan terbukti bisa meningkatkan kepemilikan karakter peserta didik.

Kata kunci: Model Pembelajaran Terintegrasi, Karakter, Sekolah Dasar. Abstract

The research based on observations in the field of character taught only at the level of cognitive, affective, and it has not reached out affective and psychomotor aspects. The integrated character in subjects confined to the cognitive aspects. Aim of the study was to find character learning model integrated subjects for elementary school students in West Sumatera. Types of this research were research and development. The development model selected using ADDIE development model. There were five stages offered by this model, ie Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research conducted in four regions (Agam, Pasaman Barat, Padang Panjang and Padang) in the province of West Sumatra. Data collected through questionnaires, interviews, documentation studies then designed an integrated learning model character subjects. After analyzing qualitative and quantitative data found that subjects integrated learning model developed was valid and proven to increase student

ownership of the character.

Keywords : Model Learning Integrated, Character , Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.