Pengembangan modul laju reaksi berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting untuk kelas XI SMA/MA

Dola Suciana, Ellizar Ellizar

Abstract


The 2013 curriculum emphasizes the scientific approach in the learning process. The scientific approach implemented in the learning process will be able to develop students' skills, attitudes, and knowledge. To apply scientific approach, asking question methode can be used to make student In the learning process. the types of questions that can be used are probing and prompting question. The aim of this reseach is to develop a reaction rate module based on scientific approach using probing and prompting question for XI grade SMA/MA and to determine the level of validity and practicality of the module. The type of reseach used to get product is reseach and development (R&D with 4-D models. Module validity testing is carried out by 2 chemistry lecturers at FMIPA UNP and 3 chemistry  teachers at SMAN 14 Padang , the module have an average kappa moments 0.91 which is very high level of validity. While the module practicality test is by 2 chemistry teachers and 25 XI grade MIPA 5 at SMAN 14 Padang, the average kappa moment from the results of  practicality test of the module by the teachers is 0.89 and by the student is 0.88 with very high category.

References


Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemendikbud.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, A. 2014. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ine, M. E. 2015. Penerapan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Dalam Ali Muhson, dkk (Eds.). Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Pendidik dalam Dinamikan Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA, hlm. 269 –285, FE Universitas Negeri Yogyakarta

Ellizar. 2015. Pengembangan Paket Pembelajaran Kimia dengan Aliran Konstruktivisme. Prosiding Semirata Bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura. Hal 640-649.

Jalius, Ellizar. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran. Padang: UNP Press.

Shohimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suhendra., Rery, R.U., dan Azmi, J. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Materi Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 12 Pekanbaru. JOM FKIP. 5(2018). Hal: 1-8.

Jacobsen, D.A., Eggen, P., Kuchak, D. 2009. Method For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution. 2015. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. 2009. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Ellizar, 2013. Pengaruh Motivasi dan Pembelajaran Kimia Menggunakan dan Tanpa Modul Terhadap Hasil Belajar Kimia di RSMA-BI. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Daryanto., dan Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media

Sukaminiandari, Y.P., Budi, A.S., dan Supriyati,Y. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Fisika. IV(2015). Hal: 161-164.

Asnaini. 2016. Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil belajar dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Lantanida Journal. 4(1). Hal : 60-71

Kolomuc, A., dan Tekin, S. 2011.Chemistry Teacher’s Misconception Concering Concept of Chemical Reaction Rate. Journal Phsy Chemistry Education. 3(2). Hal: 84-101.

Mayasari,Y., Irwan., dan Mirna. 2014. Penerapan Teknik Probing Pompting dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1). Hal: 56-61.

Sulistyowati,P. 2018. Perbedaan Hasil Belajar dalam Pembelajaran yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Teknik Pembelajaran Probing prompting. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 2(2). Hal: 84-90.

Susanti, V.O., Ellizar., dan Andromeda. 2018. Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Prompting untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMA/MA. Menara Ilmu. XII(12). Hal: 91-100.

Trianto. 2012. Model Pembel¬ajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Naional, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. 2011. Bandung: Pustaka Setia.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudjijo.1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EduKimia
Official Journal from Chemistry Education Study Programme
Chemistry Department
Faculty of Mathematics and Science
Universitas Negeri Padang
_______________________________________________________________
Jurnal Resmi Program Studi Pendidikan Kimia
Jurusan Kimia
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Padang
_______________________________________________________________

Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang Utara, Padang, Sumatera Barat, Indonesia. 25171
_________________________________________________________

ISSN (Online): 2502-6399