Pengembangan e-modul asam basa berbasis discovery learning untuk kelas XI SMA/MA

Trihanto Setiadi, Rahadian Zainul

Abstract


This research is aimed to develop the e-modul of acid base based of discovery learning. The type of research used is research and development or Research and Development (R&D). The development model used is a 4-D model (four-D models) which consists of 4 stages, namely: define, design, develop and disseminate. This research is limited to the stage of development, namely the validity and practicality test. The research instrument used was a questionnaire of validity and practicality. The e-module was validated by 5 validators while the practicality test was carried out by 3 chemistry teachers and 27 XI grade students of MIA SMA UNP Laboratorium UNP. Data from the validity and practicality test results were analyzed using the cohen kappa formula. Based on the results of the study, it was found that the average kappa moment of validity test was 0,953 with a very high validity category and the average kappa moment of teacher practicality was 0,921 and students were 0,883 with a very high practicality category. Thus, it was concluded that acid base e-module based on discovery learning was produced for valid and practical high school students.

References


Budiana, H.R., Sjafirah, N.A., dan Bakti, I. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Volume 4, Nomor 1, Halaman 59-62.

Chang, Raymond. 2005. Konsep-konsep Inti Edisi 3 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud. 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Zaharah., Upik Yelianti., Revis Asra. 2017. Pengembangan Modul Elektronik dengan Pendekatan Saintifik Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII. Edu-Sains. Volume 6, Nomor 6, Halaman 25-33.

Farenta, Arvi Sekar., Sulton., dan Punaji Setyosari. 2016. Pengembangan E-module Bebasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Jurnal Pendidikan. Volume 1, Nomor 6, Halaman 1159-1168.

Zulkarnain, Andi., Nina Kadaritna., dan Lisa Tania. 2015. Pengembangan E-modul Teori Atom Mekanika Kuantum Berbasis WEB dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Volume 4, Nomor 1, Halaman 222-235.

Nurzaman, Nevi., Ida Farida Ch., dan Ratih Pitasari. 2013. E-Module Pembelajaran Minyak Bumi Berbasis Lingkungan untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Kimia Siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Halaman 164-167.

Syamsurizal., Haryanto., Novi Chairani. 2015. Pengembangan E-Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Tingkat SMA. Prosiding SEMIRATA 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat. Halaman 655-661.

Zainul, Rahadian, Budhi Oktavia, Guspatni, and Ananda Putra. 2018. “Pengenalan dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru-Guru Anggota MGMP Kimia dan Biologi Kota Padang Panjang”. INA-Rxiv. August 16. doi:10.31227/osf.io/yhau2.

Chairi, Ikhwan, Ellizar, and Rahadian Zainul., 2018. “Pengembangan LKS dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Hukum Dasar Kimia untuk pembelajaran Kelas X SMA/MA”. INA-Rxiv. September 19. doi:10.31227/osf.io/xnbtv.

Sepriandi, Pobby, Ellizar, and Rahadian Zainul. 2018. “Pengembangan LKS dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Basa untuk pembelajaran Kelas XI SMA/MA”. INA-Rxiv. September 19. doi:10.31227/osf.io/5cb3h.

Zainul, R, & Jannah, A. R. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Aplikasi Android Berbasis Chemistry Triangle Kelas XI SMA/MA”. February 6. doi:10.31227/osf.io/muh8y.

Boslaugh, S., dan Paul A. W. 2008. Statistics in a Nutshell, a desktop quick reference. Beijing, Cambridge, Famham, KÖln, Sebastopol, Taipei, Tokyo: O’reilly.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Omrod, J. 2014. Psikologi Pendidikan Edisi ke-Enam. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Lasmiyati. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 9, Nomor 2, Halaman 161-174.

Suryosubroto, B. 1993. Sistem Pengajaran dengan Modul. Yogyakarta: Bina Aksara.

Lestari, Eka. Dan Abdur Rahman As’ari. A.R. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Soal Cerita Matematika Kontekstual Berbahasa Inggris untuk Siswa Kelas X. Artikel. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


EduKimia
Official Journal from Chemistry Education Study Programme
Chemistry Department
Faculty of Mathematics and Science
Universitas Negeri Padang
_______________________________________________________________
Jurnal Resmi Program Studi Pendidikan Kimia
Jurusan Kimia
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Padang
_______________________________________________________________

Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang Utara, Padang, Sumatera Barat, Indonesia. 25171
_________________________________________________________

ISSN (Online): 2502-6399