PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK AUTISTIK MENGGUNAKAN DUKUNGAN VISUAL
Abstract
Artikel ini membahas tentang peningkatan kemampuan komunikasi anak autistic melalui dukungan visual. Pembahasan ini muncul berdasarkan kondisi keterbatasan anak autistic dalam kemampuan komunikasi serta keterbatasan guru disekolah dalam pengembangan pembelajaran komunikasi. Komunikasi memegang peranan dalam kehidupan manusia agar dapat berinteraksi dengan orang lain. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan anak autistic adalah dengan dukungan visual. Untuk meningkatkan komunikasi anak autistic perlu dikaji konsep dasar tentang komunikasi, aspek-aspek komunikasi, permasalahan komunikasi pada anak autistic, tahapan komunikasi pada anak autistic permasahan komunikasi. Kajian tentang dukungan visual dibahas dalam beberapa sub pembahasan yaitu pentingnya visual support bagi anak autistic, manfaat visual support, jenis-jenis visual support, dan cara menggunakan visual support.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id