IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA PADANG

Nurhafizah Nurhafizah, Azlina Mohd. Kosnin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan  atau pengimplementasian permainan  tradisional Indonesia di Taman Kanak-kanak kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan September sampai bulan November tahun 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru dan siswa Taman Kanak-kanak kelompok B1. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data analisis dengan menggunakan teknik analisa data Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa : (1) Dari  perencanaan yang dibuat guru terlihat bahwa Permainan Tradisional Indonesia tidak menjadi bagian dari perencanaan pembelajaran secara spesifik. (2) Dari Pelaksanaan  konsep bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain di Taman Kanak-kanak tidak dijalankan sepenuhnya, terkesan hanya sebatas wacana saja, apa lagi pelaksanaan permainan tradisional Indonesia sendiri, kalaupun ada hanya sekali-sekali atau insidentil saja dan tidak terkonsep dengan baik.


Keywords


Anak Taman Kanak-kanak, Pelaksanaan bermain, Permainan Tadisional Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id