MENINGKATKAN KINERJA GURU SDN 05 PUHUN PINTU KABUN KOTA BUKITTINGGI MELALUI SUPERVISI AKADEMIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi akademis pada SDN 05 Puhun Pintu Kabun Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan instrumen penilaian yang berisi 30 item pelaksanaan Kegiatan pembelajaran yang digunakan selama kegiatan observasi berlangsung. Temuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) setelah dianalisa menunjukan bahwa berdasarkan observasi awal pada SDN 05 Puhun Pintu Kabun Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi memperoleh nilai rata-rata 56%. Setelah dilaksanakan siklus pertama diperoleh nilai rata-rata 73 %. Sedangkan pelaksanaan siklus kedua diperoleh nilai rata-rata 89%. Implikasi hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) melalui supervisi akademis dapat meningkatkan kinerja majelis guru dalam melaksanakan Kegiatan pembelajaran pada SDN 05 Puhun Pintu Kabun Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.
Keywords
Supervisi akademis, kinerja, PTS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.
PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id