PENGGUNAAN GAMBAR DALAM PENYAJIAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS I MIN GUNUNG PANGILUN PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan gambar dalam penyajian soal cerita matematika lebih tinggi dari pada yang diajar secara biasa. Penelitian ini dilakukan di MIN Gunung Padang pada tahun pelajaran 2007/2008 pada semester satu, dengan menggunakan desain treatmen by block 2x2. Kelompok siswa yang terpilih dalam penelitian ini satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan memberikan tes akhir pada kedua kelompok. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: pertama, hasil belajar matematika siswa melalui penyajian soal cerita dengan menggunakan gambar lebih tinggi dari pada yang diajar secara biasa. Kedua, hasil belajar matematika siswa yang kemampuan awal tinggi diajar melalui penyajian soal cerita dengan menggunakan gambar lebih tinggi dari pada yang diajar secara biasa. Ketiga, hasil belajar matematika siswa yang kemampuan awal rendah diajar melalui penyajian soal cerita dengan menggunakan gambar lebih tinggi dari pada yang diajar secara biasa. Keempat, tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kemampuan awal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan matematika siswa yang pembelajarannya melalui penyajian soal cerita dengan menggunakan gambar lebih tinggi dari pada peningkatan kemampuan matematika siswa yang pembelajarannya dilakukan secara biasa.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i1.2223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id