Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri Di Kecamatan Koto Tangah Padang

Nellitawati Nellitawati

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) tingkat pengawasan Kepala Sekolah, (2) disiplin kerja guru, dan (3) kontribusi pengawasan Kepala Sekolah dengan disiplin kerja guru SMAN di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Jenis kajia ini adalah penelitian korelasional,  untuk melihat hubungan pengawasan Kepala Sekolah (X) terhadap Disiplin Kerja Guru (Y). Populasi dalam kajian ini adalah seluruh guru di Sekolah Menengah Atas Negeri  (SMAN) Kecamatan Koto Tangah Padang  yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jumlah populasi  sebanyak 196 orang. Besarnya sampel adalah 66 orang yang ditentukan dengan teknk Stratified proportional random sampling. Alat pengumpul data adalah angket yang disusun dalam bentuk skala Liekert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen menghasilkan angket pengawasan kepala sekolah sebanyak 30 butir, dan angket disiplin guru sebanyak 28 butir.

Hasil pengolahan data kajian menunjukkan bahwa  39,40% pelaksanaan pengawasan oleh kepala sekolah memiliki skor di atas kelas interval rata-rata, dan 42,42% yang mempunyai skor di bawah kelas interval rata-rata. Tingkat capaian responden termasuk kategori baik dengan skor 83,96% dari skor ideal. Selanjutnya 46,97% disiplin kerja guru memiliki skor di atas kelas interval rata-rata, dan 25,76% yang mempunyai skor di bawah kelas interval rata-rata. Tingkat capaian responden termasuk kategori baik dengan skor 86,91% dari skor ideal. Besarnya nilai koefisien korelasi  rxy = 0,722 dengan = 0,001 < 0,01. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan kepala sekolah dengan disiplin kerja guru, dan besarnya koefisien determinasi (r2) sebesar 0,522. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ”pengawasan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja guru dapat diterima dalam taraf kepercayaan 99% dan besarnya kontribusi 52,2%%.


Keywords


pengawasan Kepala Sekolah, disiplin kerja guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v12i2.2207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hak Cipta - © 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Dilindungi Oleh Undang-undang.


PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus Universitas Negeri Padang Air Tawar - Padang - Sumatera Barat Telp/Fax.: (0751) 40343/7058693
Website:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi | Email: pedagogifip@gmail.com dan info@fip.unp.ac.id