Pengaruh Penggunaan Boneka Pom-pom Terhadap Pengembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Balai Kurai Taji Pariaman

neta ayu sari(1), Dadan Suryana(2), Saridewi saridewi(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/9390

Abstract


Neta Ayu Sari, Dadan Suryana, Saridewi

PG-PAUD FIP UNP

e-mail : neta.zayusari@gmail.com

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan boneka pom-pom terhadap pengembangan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Balai Kuraitaji Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif  yang berbentuk Quasy Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Balai Kuraitaji Pariaman dan teknik pengambilan sampelnya Purposive Sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan  tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 4 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Selanjutnya data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 86,25 dan SD sebesar 7,28 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 70,625  dan SD sebesar 6,8. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,693 dan ttabel  sebesar 2,100092 pada taraf nyata α = 0,05 dan  dk = 18. Maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Boneka Pom-pom  berpengaruh terhadap Pengembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Balai Kuraitaji Pariaman.

Kata Kunci: Boneka Pom-pom; Abstrak; Kreativitas Anak

 

This aims of study is determine whether Abstract pom-pom dolls influence the children’s creativity development at Aisyiyah Balai Kurai Taji Pariaman. This study uses Quantitative approach in the form of Quasy Experiment. Population were all children at Aisyiyah Balai Kurai Taji Pariaman and sampling is choosen of using Purposive Sampling, ie group B1 and group B2 were 10 children respectively. Technique of data collection used action test, in the form of statement as many as 4 point statement and data collecting tool used statement sheet. Further data is processed by difference test (t-test). Based on data analysis, the mean of experimental group test result is 86,25 and SD is 7,28 while in control group is 70,625 and SD equal to 6,8. In hypothesis testing obtained tcount of 4.693 and ttabel of 2.100092 at the level of real α = 0.05 and dk = 18. Then it can be concluded that the use of Pom-pom dolls affect the children’s creativity development at Aisyiyah Balai Kurai Taji Pariaman.

Keywords: Pom-pom Doll; Abstract; Child Creativity

Article Metrics

 Abstract Views : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.