Peningkatan Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Fun Cooking Di Tk Kasih Ibu Giri Maju Pasaman Barat

Maiyulidawati yulidawati(1), Nenny Mahyuddin(2), Izzati Izzati(3),
(1) Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fukultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Univeristas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/9285

Abstract


Maiyulidawati Warsun, Nenny Mahyuddin, Izzati

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Fakultas Ilmu Pendidikan

Univesitas Negeri Padang

Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat,  Padang

 

Email : maiyulidawatiwarsun25@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan reativitas anak melalui fun cooking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak Taman Kanak – Kanak Kasih Ibu dengan jumlah 15 orang. Penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu pada November – Desember 2017. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dengan 3 kali pertemuan dan siklus II dengan 3 kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi dan studi dokumentasi. Data kemudian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kreativitas anak setelah dilakukan siklus I dan siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa fun cooking  dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak.

 

Kata kunci : Kemampuan Kreativitas, Fun Cooking, taman kanak-kanak

 

IMPROVING CHILDREN’S CREATICITY THROUNGH FUN COOKING IN KINDERGARTEN CHILDREN’S KASIH IBU ADVANCED GIRI  WEST PASAMAN

 

This study aims to determine the improvement of children's reativity through fun cooking. This type of research is a classroom action research (PTK). The subject of this research is the children of Kindergarten of Kasih Ibu with the number of 15 people. The research was conducted for 2 months, from November to December 2017. The research was conducted in 2 cycles, namely cycle I with 3 meetings and cycle II with 3 meetings. The research data was collected by observation and documentation study. The data is then processed by a percentage technique. The results of this study indicate that there is an increase in the creativity of children after the cycle I and cycle II so it can be concluded that fun cooking can improve children's creativity.

 

Keywords: Creativity, Fun Cooking, kindergarten


Article Metrics

 Abstract Views : 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.