Efektivitas Kreasi Cotton Bud Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman
(1) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/9208
Abstract
Wike Paramita 1, Rismareni Pransiska 2, Saridewi 3
PG-PAUD FIP UNP
Email : wikeparamita1300723@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifkah Kreasi Cotton Buds dalam mengembangkan kreativitas anak. Jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk Quasy Experiment. Berdasarkan analisis data, rata-rata hasil tes kelompok eksperimen lebih tinggi menggunakan kreasi cotton buds (88,33) dibandingkan kelompok kontrol menggunakan korek api kayu (75,41). Pada pengujian uji besaran pengaruh menggunakan rumus cohen’s d diperoleh nilai. Dikarenakan nilai cohen’s d lebih besar dari d = 0,80 dapat disimpulkan bahwa kreasi cotton buds memiliki pengaruh sangat besar terhadap perkembangan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.
Kata Kunci: Kreasi Cotton buds; Perkembangan Kreativitas
The aims of this study is determine the effectiveness of the Cotton Bud creation towards the children is creativity development. The type of research is quantitative in the form of Quasy Experiment. Based on the data analysis, the experiment group got higher average experiment result using Cotton buds creation (88,33) than in control group using wooden matches (75,41). In testing the magnitude of the effect using the formula cohen's d obtained value of . Due to Cohen's d greater than d = 0.80 it can be concluded that the cotton buds creation has a very big influence on the development for children's creativity ability Kindergarten Pembina Tigo Nagari Pasaman at Districts.
Keywords: Kreasi Cotton buds; Children’s creativity
References
Daftar Rujukan
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2015. Seni Budaya. Jakarta: Depdipnas.
Gusril. 2009. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Padang: UNP Press
Hirawan, Amelia. 2014. Art is fun. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Kemendikbud. 2015. Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini
Primadi Tabrani. 2014. Proses Kreasi – Gambar Anak – Proses Belajar. Jakarta: Erlangga.
Rakimahwati. 2012. Model Pembelajaran Sambil Bermain Pada Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Syafril. 2010. Statistika. Padang: Sukabina Press
Article Metrics
Abstract Views : 345 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.