EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK
(1) Mahasiswa Jurusan PG-PAUD FIP UNP  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/9207
Abstract
Junia Selvi, Farida Mayar, Sri Hartati
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Padang
Email: juniaselvi@yahoo.com
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Iqra’ Tunggul Hitam Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, penelitian ini berbentuk eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa t hitung lebih besar dari t tabel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Iqra’ Tunggul Hitam Padang.
Kata kunci: Media Audio Visual, Kemampuan Membaca
Abstract
The purpose of the study was to observe the effect of the balloons on sticks game reading skills of children in kindergarten Darul Falah Padang. The method used is quantitative approach, this study form experiments with quasi experimental design. It is shown that the children in the experimental class that uses the game puncture the balloon has a higher average than the control class that uses a conventional learning. Based on the calculation of the t-test is obtained that t is greater than t table shows that there is a significant effect on the child's reading ability. It can be significant concluded that the use of game puncture the balloon affect the child's development of reading skills in kindergarten Darul Falah Padang.
References
DAFTAR PUSTAKA
Adhim (2004). Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizan Media.
Al-Qarni, Aidh (2010). La Tahzan. Jakarta : Qisthi Press.
Aisyah, Siti dkk (2008).Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.
(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
(2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Aswati (2009). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini dengan Permainan Gambar Pasangan di TK Asiriah Pariaman. Padang: Universitas Negeri Padang.
Article Metrics
Abstract Views : 278 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.