PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN ACTIVE BOX DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM EXCELLENT BUKITTINGGI
(1)   Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/4705
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dalam permasalahannya adalah sulitnya kemampuan anak dalam mengembangkan motorik kasar yang belum berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan active box. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Islam Excellent Bukittinggi dengan jumlah murid 20 orang tahun pelajaran 2014/ 2015. Adapun tahapan pelaksanaan PTK ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti melakukan penelitian dengan cara memperoleh data dengan melakukan pengamatan melalui observasi dan dokumentasi berupa foto. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari observasi awal ke siklus I namun masih rendah belum mencapai hasil yang diharapkan. Setelah dilaksanakan siklus II terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar anak dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan active box dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usiadini di Taman Kanak-kanak Islam Excellent Bukittinggi.
Kata kunci :motorikkasar, active box
This study of the problem is the difficulty in children's ability to develop gross motor skills are not developed optimally. The purpose of this study to enhance the child's gross motor skills through active game box. This type of research is the Classroom Action Research conducted in kindergarten Islam Excellent Bukittinggi with the number of students in the school year 2014/2015 20. This research was conducted in four steps, they are planning, conducting, observing, and reflection. Researchers conducted the study by obtaining data by observation through the observation and documentation in the form of photographs. Classroom action research was conducted in two cycles. The results showed that there was an increase from the initial observation to the first cycle but still low has not achieved the expected results. After the second cycle executed an increase in gross motor skills of children with very high category. It can be concluded that the active box through the game can improve gross motor development of early childhood in kindergarten Islam Excellent Bukittinggi.
Keywords :gross motor , active box
Penelitian ini dalam permasalahannya adalah sulitnya kemampuan anak dalam mengembangkan motorik kasar yang belum berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan active box. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Islam Excellent Bukittinggi dengan jumlah murid 20 orang tahun pelajaran 2014/ 2015. Adapun tahapan pelaksanaan PTK ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti melakukan penelitian dengan cara memperoleh data dengan melakukan pengamatan melalui observasi dan dokumentasi berupa foto. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari observasi awal ke siklus I namun masih rendah belum mencapai hasil yang diharapkan. Setelah dilaksanakan siklus II terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar anak dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan active box dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usiadini di Taman Kanak-kanak Islam Excellent Bukittinggi.
Kata kunci :motorikkasar, active box
This study of the problem is the difficulty in children's ability to develop gross motor skills are not developed optimally. The purpose of this study to enhance the child's gross motor skills through active game box. This type of research is the Classroom Action Research conducted in kindergarten Islam Excellent Bukittinggi with the number of students in the school year 2014/2015 20. This research was conducted in four steps, they are planning, conducting, observing, and reflection. Researchers conducted the study by obtaining data by observation through the observation and documentation in the form of photographs. Classroom action research was conducted in two cycles. The results showed that there was an increase from the initial observation to the first cycle but still low has not achieved the expected results. After the second cycle executed an increase in gross motor skills of children with very high category. It can be concluded that the active box through the game can improve gross motor development of early childhood in kindergarten Islam Excellent Bukittinggi.
Keywords :gross motor , active box
Article Metrics
Abstract Views : 174 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.