PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGANANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK SARI BULAN SINTUK PADANG PARIAMAN
(1)   Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/4691
Abstract
AbstractThe purpose of research is to improve the ability to know the number ofchildren through the symbol puzzle game numbers in kindergarten Sari BulanSintuk Padang Pariaman. This research is the subject of a class action research ischildren kindergarten Sari Bulan Sintuk Padang Pariaman with amount 15people. Data collection techniques in this study using observation anddocumentation. Mechanical analysis of the data processed using techniquespercentage. The results showed that in the first cycle child's ability to know theepitome numbers increased compared with the initial condition but has notreached the minimum completeness criteria. In the second cycle child's ability toknow the epitome numbers increased compared to the first cycle in accordancewith the average percentage of each child and exceed the minimum completenesscriteria specified. In improving children's ability to know the symbol numbers areexpected to teachers in order to improve the learning process through a numberpuzzle game.Keywords : Know ability Coat Numbers, Numbers Puzzle Game
AbstrakTujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenallambang bilangan anak melalui permainan puzzle angka di TK Sari Bulan SintukPadang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengansubjek adalah anak Taman Kanak-kanak Sari Bulan Sintuk Padang Pariamansebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanobservasi dan dokumentasi. Teknik analisis data diolah menggunakan teknikpersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuanmengenal lambang bilangan anak meningkat dibandingkan dengan kondisi awaltetapi belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II kemampuanmengenal lambang bilangan anak semakin meningkat dibandingkan dengan siklusI sesuai dengan rata-rata persentase masing-masing anak dan melebihi kriteriaketuntasan minimal yang ditetapkan. Dalam meningkatkan kemampuanmengenal lambang bilangan anak diharapkan kepada guru untuk dapatmemperbaiki proses pembelajaran melalui permainan puzzle angka. Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan, Permainan PuzzleAngka
AbstrakTujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenallambang bilangan anak melalui permainan puzzle angka di TK Sari Bulan SintukPadang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengansubjek adalah anak Taman Kanak-kanak Sari Bulan Sintuk Padang Pariamansebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanobservasi dan dokumentasi. Teknik analisis data diolah menggunakan teknikpersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuanmengenal lambang bilangan anak meningkat dibandingkan dengan kondisi awaltetapi belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II kemampuanmengenal lambang bilangan anak semakin meningkat dibandingkan dengan siklusI sesuai dengan rata-rata persentase masing-masing anak dan melebihi kriteriaketuntasan minimal yang ditetapkan. Dalam meningkatkan kemampuanmengenal lambang bilangan anak diharapkan kepada guru untuk dapatmemperbaiki proses pembelajaran melalui permainan puzzle angka. Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan, Permainan PuzzleAngka
Article Metrics
Abstract Views : 313 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.