PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN MENARA KUNCI DI PAUD SINAR GUNUNG IV PADANG

Ivo Love(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/4687

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak melalui menara kunci.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik yang digunakan adalah pengumpulan data berupa observasi dan format hasil penilaian selanjutnya diolah dengan teknik persentase.Hasil penelitian pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri anak dari siklus I umumnya masih rendah dan dilanjutkan pada siklus II.Pada siklus II peningkatan mengenal bentuk geometri anak melalui permainan menara kunci di Paud Sinar Gunung IV Padang menjadi meningkat sehingga hasil rata-rata peningkatan mengenal bentuk geometri anak melalui permainan menara kunci.melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan.

Kata kunci: Bentuk Geometri, Menara Permainan Kunci

Abstract

 

The purpose of this research is to improve the ability to know the geometry of the child through the tower game types of research. Which is in use in research is classroom action research (PTK) is a technique used in the form of observation and data collection formats subsequent research results in engineering if the percentage, the results of research on each cycle showed an increase in cycle II. The second cycle of improvement recognize geometric shapes children through play key tower in early childhood Rays Mount IV Padang be increased through the gaem key tower, exceeds minimum completeness criteria (KKM) are in charge, Conclusions through child lock tower game can recognize geometric shapes in early childhood children Rays mount IV Padang.

Keywords : Shape know Geometry , Key Tower Gaming

Article Metrics

 Abstract Views : 458 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.