Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Bermain Dengan Daun Di Taman Kanak-kanak Wadesma Pauh Kambar Kabupaten Padang Pariaman

Ranti Raimonda(1),
(1)  

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/4684

Abstract


Abstrak
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-kanak Wadesma Pauh Kambar Kabupaten Padang Pariaman masih rendah. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan media yang bervariasi sehingga kemampuan kognitif anak masih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui bermain dengan daun.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara bersiklus yang dimulai dari siklus I dan siklus II.Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif, dari siklus I menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak melalui bermain dengan daun mengalami peningkatan, namun belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II menunjukkan hasil yang diperoleh untuk semua aspek yang dinilai tentang kemampuan kognitif telah meningkat dan telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus II pertemuan 3.

Kata Kunci: Bermain Daun, Kemampuan Kognitif Anak di Taman Kanak-kanak

Abstract
This research background is the child cognitive ability at Wadesma Kindergarten Pauh Kambar in Padang Pariaman Regency is still low. This because the teacher not used variation of media so it caused low of children cognitive ability. This research is purposed to increase the children cognitive ability trough play used leaves as the media. This research is done by using Class Act Research. The Class Act Research is done in cycles and it startfrom cycles I until cycles II. Each cycles is done in stages there are planned stage, execution stage or the observation dan the reflection stage. The data collection techniques of observation document, the data analysis techniques used percentage. Result of this research from first cycles showed that children cognitive ability is increase, through the paly used leaves as media, but is not reach the Criteria Minimality of Completeness (KKM). After repairs done on the second cycles the result showed that children cognitive ability is reached in all aspect after the valuation is given for the cognitive ability test and the KKM is reached in the second cycles on the third meeting.

Key Word: Play used leaves, Child cognitive ability at Kindergarten

Article Metrics

 Abstract Views : 695 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.