PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI PERMAINAN BONEKA TANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK
(1)   Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/4678
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan bercerita anak,tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui permaina boneka tangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahap-tahap perencanaan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek peneliti anak kelas B6 Taman Kanak-kanak Teladan Pertiwi Tunas Harapan Kota Bukittinggi sebanyak 20 orang, 11 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dengan persentase. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pada siklus I kemampuan bercerita anak masih rendah sedangkan pada siklus II pertemuan 3 terjadi peningkatan yaitu kemampuan bercerita anak meningkat sangat tinggi dengan tercapainya rata-rata tingkat keberhasilan KKM yang telah ditetapkan. Berarti dari hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bercerita anak melalui permainan boneka tangan.
Kata kunci; bercerita, boneka tangan
Kata kunci; bercerita, boneka tangan
Article Metrics
Abstract Views : 372 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.