PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN BUBUR KORAN DI TK ADABIAH PADANG

Diana Novida(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/4670

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Adabiah Padang, bahwa belum berkembangnya motorik halus anak dengan baik, seperti dalam kegiatan menulis, anak mengalami kesulitan memegang pensil, dalam kegiatan menggambar, melipat jari anak masih kaku dalam melakukannya

Penelitian ini bertujuan mengamati penerapan pembelajaran motorik halus anak, untuk melihat perkembangan motorik halus anak sudah berkembang dengan baik, seperti anak sudah dapat memegang pensil dengan benar, dalam kegiatan menggunting pola gambar tangan dan jari-jari anak tidak kaku. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengguanakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus, pada siklus I perkembangan motorik halus anak masih rendah dan dilanjutkan dengan siklus II, pada siklus II peningkatan motorik halus anak melalui permainan bubur koran di TK Adabiah Padang mengalami peningkatan dan telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang ditetapkan.

Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus : Bubur Koran

ABSTRACT

This research is motivated from the fact in kindergarden of Adabiah Padang that undeveloped soft motoric , such as in a writing activity. The children have trouble to hold a pencil, drawing activities, and the child is still rigid to do in folding his fingers.

This study aims to observe the application of learning soft motoric skills of children which is to see the development has already well developed . It can be seen  the child is able to hold a pencil correctly,  cutting pattern image activities, and children's hand or fingers are not rigid. This type of research is Penelitian Tindakan Kelas (PTK) by using qualitative and quantitative approaches. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Results of research on each cycle showed an increase soft motoric skills. In the first cycle of soft motoric development of children is still low and continued with the second cycle. The second cycle increase soft motoric skills of children through the pulp paper game of Adabiah Padang in kindergarden. It has increased and has exceeded the Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) is set.

Keywords: Soft Motoric Skill: Pulp Pape

Article Metrics

 Abstract Views : 598 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.