EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI TERHADAP PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH DI TAMAN KANAK – KANAK BHAYANGKARI 3 PADANG
(1)   Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/4654
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 3, Padang bahwa kemampuan melafalkan huruf hijaiyah anak belum berkembang dengan baik dikarenakan pendekatan yang digunakan guru dalam pembelajaran pengenalan huruf hijaiyyah yaitu metode Iqra’ cenderung monoton, membosankan, dan kurang menarik bagi anak, sehingga kurang efektif dalam pengenalan huruf hijaiyah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas metode bernyanyi terhadap pengenalan huruf hijaiyyah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperiment. Teknik pengumpulan data digunakan tes, dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan dan observasi. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan metode bernyanyi memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan metode Iqra’. Hipotesis penelitian ini adalah metode bernyanyi efektif terhadap pengenalan huruf hijaiyah anak.
Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Pengenalan Huruf Hijaiyah
This study originated from the fact in kindergarten Bhayangkari 3, Padang that the ability to pronounce the letter hijaiyah child is not well developed due to the approach used by teachers in teaching letter recognition hijaiyyah the method of Iqra 'monotonous, boring, and less attractive to children, so that less effective in children hijaiyah letter recognition. This study aims to determine the extent to which the effectiveness of the method singing hijaiyyah letter recognition. The study uses a quantitative approach in the form of quasy experiment. Data collection techniques used tests, and a data collection tool used sheet statements and observations. Then the data is processed with test differences (t-test). The research result shows that the children in the experimental class that uses the singing has an average value higher than children in the control classes using methods Iqra '. The hypothesis of this study is the method of singing effective against child hijaiyah letter recognition.
Keywords : the method of singing, letter recognition hijaiyyah
Article Metrics
Abstract Views : 1219 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.