Abstract


Kemampuan anak dalam membaca di kelas B I di Taman Kanak­Kanak Harapan Ibu Tamparungo Kecamatan Sumpur Kudus masih rendah karena anak kurang tertarik pada setiap kegiatan pembelajaran membaca, metode dan teknik yang digunakan kurang tepat, anak kurang tertarik dalam melakukan permainan, media tidak tertarik kurang aktivitas anak dalam permainan, sehingga anak merasa bosa .pe elitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan warna berhuruf, manfaatnya adalah agar anak dapat bersosialisasi, berteman, bermain dalam permainan-permainan yang, tercipta atau turut serta dalam sebuah permainan. Subjek penelitian anak Taman Kanak-Kanak Harapan Ibu Tamparungo Kecamatan sumpur Kudus kelompok B1 yang berjumlah 15 orang pada tahun ajaran 2011/2012. Dengan adanya permainan warna berhuruf tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.