KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU KATA DENGAN KANTONG PINTAR DI TAMAN KANAK-KANAK GADIH RANTI AGAM

Jusmaniarti Jusmaniarti(1),
(1)  

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/1630

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini menggambarkan penggunaan kartu kata
dalam meningkatkan kemampuan membaca anak sehingga dapat
ditemukan permasalahan dalam penelitian ini adalah media dan
alat peraga kurang bervariasi serta anak merasa tertekan dalam
kegiatan pembelajaran membaca.Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian murid TK Gadih
Ranti Lubuk Basung Kabupaten Agam dengan jumlah murid 15
orang Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian Tindakan Kelas
dilaksanakan dalam II Siklus, kemampuan membaca anak pada
siklus I umumnya rendah, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pelaksanaan siklus I belum mencapai kriteria Ketuntasan
Maksimal. Indikator yang belum tercapai adalah menyebutkan
suku kata awal, membaca du suku kata awal dengan lancar,
menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol dan lambang.
Berdasarkan hasil analisa, maka rencana pada siklus II direvisi
kembali dan pada siklus II kemampuan membaca anak terjadi
peningkatan.

Article Metrics

 Abstract Views : 570 times
 PDF Downloaded : 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.