Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak, terutama dalam mengurutkn pola warna. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, melalui kegiatan mengurutkan Pola Warna. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksankan di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Batang Anai Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah kelompok B4 Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Batang Anai, dengan jumlah anak 12 oarang, yang terdiri atas 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan dan media yang menarik sangat tepat untuk peningkatan kemampuan kognitif anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Batang Anai.
Kata kunci; kognitif, anak, pola
Kata kunci; kognitif, anak, pola