Abstract
Kemampuan membaca anak dalam mengenal huruf di Taman Kanakkanak
Al hikmah Lubuk Basung masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas
ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan
melengkapi huruf menjadi kata. Jenis peneliian yang di gunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian Taman
Kanak-kanak Al Hikmah Lubuk Basung kelompok B5. Dengan menggunakan
metode praktek langsung, teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data
berupa observasi, dan format hasil penilaian anak selanjutnya di olah dengan
teknik persentase. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian di
setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca anak
dari siklus I pada umumnya masih terlihat rendah, pada siklus I peningkatan
kemampuan membaca anak dalam mengenal huruf terlihat masih kurang kreatif
yang di lanjutkan pada siklus ke II. Disini dapat disimpulkan kemampuan
membaca anak meningkat.
Al hikmah Lubuk Basung masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas
ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan
melengkapi huruf menjadi kata. Jenis peneliian yang di gunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian Taman
Kanak-kanak Al Hikmah Lubuk Basung kelompok B5. Dengan menggunakan
metode praktek langsung, teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data
berupa observasi, dan format hasil penilaian anak selanjutnya di olah dengan
teknik persentase. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian di
setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca anak
dari siklus I pada umumnya masih terlihat rendah, pada siklus I peningkatan
kemampuan membaca anak dalam mengenal huruf terlihat masih kurang kreatif
yang di lanjutkan pada siklus ke II. Disini dapat disimpulkan kemampuan
membaca anak meningkat.