Abstract
Masalah dalam penelitian ini masih ada anak di TK Budi Mulia yang
sulit untuk mengungkapkan perasaannya dengan kata–kata dan di sekolah
bernyanyi hanya sebatas menghibur anak dikala jenuh tanpa menekankan pada
pengembangan bahasa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan bernyanyi
dalam pengembangan bahasa anak dan mengetahui bagaimanakah kegiatan
bernyanyi dikembangkan di TK. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peranan kegiatan
bernyanyi meningkatkan kemauan anak berbicara mengeluarkan kata-kata
dalam melakukan kegiatan bernyanyi.
sulit untuk mengungkapkan perasaannya dengan kata–kata dan di sekolah
bernyanyi hanya sebatas menghibur anak dikala jenuh tanpa menekankan pada
pengembangan bahasa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan bernyanyi
dalam pengembangan bahasa anak dan mengetahui bagaimanakah kegiatan
bernyanyi dikembangkan di TK. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peranan kegiatan
bernyanyi meningkatkan kemauan anak berbicara mengeluarkan kata-kata
dalam melakukan kegiatan bernyanyi.