Abstract
Kemampuan anak dalam pengenalan huruf di kelompok B di PAUD Riak Antokan Lubuk Basung masih rendah. Tujuan penelitian Tindakan kelas adalah untuk mengembangkan bahasa anak melalui permainan bilyar. Subjek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Riak Antokan Lubuk Basung . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang bertujuan untuk meningkatan mutu pembelajatan di kelas memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan. Data peneliti diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan pengenalan huruf anak melalui permainan bilyar. Pada kondisi awal persentase rendah pada siklus I sedikit meningkat. Pada siklus II menunjukkan bahwa perkembangan pengenalan huruf anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan. Dengan demikian dapat disimpulankan bahwa dengan permainan bilyar dapat meningkatkan perkembangan pengenalan huruf anak di PAUD Riak Antokan.