Abstract
Kewirausahaan memiliki peran penting dalam kegiatan sehari-hari dan juga memiliki peran penting dalam mengembangkan sikap kreatif dalam individu. Dalam konteks pendidikan, penting bagi guru dan orang tua mendorong perkembangan nilai kewirausahaan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau literatur yang ada mengenai integrasi nilai-nilai kewirausahaan dalam kegiatan harian anak usia dini oleh orang tua. Kewirausahaan mencakup berbagai keterampilan penting seperti kreativitas, inovasi, pemecahan masalah, kepemimpinan, dan keberanian mengambil risiko, yang sangat bermanfaat jika ditanamkan sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur untuk mengkaji berbagai sumber akademis dan praktis yang relevan, termasuk jurnal, buku, artikel, dan laporan penelitian sebelumnya. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk menggali pengalaman, perspektif, dan praktik yang telah diidentifikasi dalam literatur terkait strategi orang tua mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari anak-anak mereka. Penelitian ini juga berusaha mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan integrasi nilai-nilai kewirausahaan, seperti latar belakang pendidikan orang tua, sumber daya yang tersedia, serta dukungan dari komunitas dan lingkungan sekitar. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa orang tua menggunakan berbagai strategi kreatif untuk mengajarkan nilai-nilai kewirausahaan, seperti permainan kreatif, kegiatan rumah tangga, serta cerita dan diskusi mengenai tokoh-tokoh wirausahawan.