Abstract


Aspek perkembangan anak usia dini sangat penting untuk distimulus supaya mampu berkembang sesuai tahapan usia anak. Salah satu aspek yang penting dikembangkan pada anak aspek kognitif berpikir logis. Agar perkembangan anak berkembang dengan baik maka dibutuhkan media untuk mempermudah anak dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media bongkar cangkang kerang dalam menstiulus kemampuan berpikir logis mengklasifikasikan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Objek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 05 Pernajuh dengan jumlah populasi 33 anak yang kemudian diambil seluruhnya sebagai sampel peelitian. Metode pengumpulan data didasarkan pada hasil tes observasi sebelum diberikan perlakuan dan hasil posttest setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh efektivitas media bongkar pasang cangkang kerang dalam menstimulus kemampuan kognitif mengklasifikasikan anak usia 4-5 tahun. Terbukti dari hasil uji statistik dengan metode Wilcoxon yang menunjukkan nilai 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami efektivitas media bongkar pasang cangkang kerang dalam menstimulus kemampuan kognitif berpikir logis mengklasifikasikan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami efektivitas media bongkar pasang cangkang kerang dalam menstimulus kemampuan kognitif  mengklasifikasikan anak usia 4-5 tahun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media bongkar pasang efektif diterapkan pada anak usia dini dalam menstimulus perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun.

Kata kunci: Media bongkar pasang, Berpikir logis, Anak usia dini