Penggunaan Media Video untuk Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Anak

Iin Yunda Pratiwi(1), Rega - Permata(2), Windi Dwi Andika(3), Lia Dwi Ayu Pagarwati(4),
(1) Universitas Sriwijaya 
(2) Universitas Sriwijaya 
(3) Universitas Sriwijaya 
(4) Universitas Sriwijaya 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/126248

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media video untuk pengebangan kemampuan berfikir kritis anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian literatur review. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode literatur review untuk mengumpulkan data tentang penggunaan media video untuk pengebangan kemampuan berfikir kritis anak. Metode-metode ini digunakan untuk memperoleh informasi yang kompherensif tentang penggunaan media video untuk pengebangan kemampuan berfikir kritis anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan pengembangan kemampuan berfikir kritis anak dengan cukup baik. Pembelajaran yang menggunakan media video, dengan memilih tema yang menarik, suara yang mendukung, dan penggunaan alat serta bahan yang menarik, anak akan senang dan tertarik dengan pembelajaran yang guru sampaikan. Artikel ini menekankan bahwa media pembelajaran yang menarik dalam membemberikan pengajaran kepada anak melalui media video, dapat membantu anak untuk mencapai pengembangan kemampuan berfikir kritis yang optimal.

 

Kata Kunci: pengembangan kemampuan berfikir kritis, media video, anak usia dini

 


Article Metrics

 Abstract Views : 49 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.