Pengaruh Felt Board Finger Numbers Counting Toy terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Dewa Ayu Anom Krismayanti(1), I Made Gede Anadhi(2), Ida Bagus Komang Sindu Putra(3),
(1) Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar  Indonesia
(2) Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar  Indonesia
(3) Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/123105

Full Text:    Language : ing

Abstract


Suatu permasalahan pada saat proses belajar matematika pada PAUD adalah anak kurang tertarik dan mengerti dalam kegiatan pembelajaran matematika atau berhitung yang diajarkan oleh guru. Kondisi permasalahan tersebut, anak sulit dalam matematika atau berhitung yaitu bisa diakibatkan dari faktor eksternal serta internal. Untuk faktor internal yang menyebabkan anak sulit belajar yaitu anak yang kurang paham pada konsep dasar matematika, kurangnya minat dan motivasi anak untuk belajar matematika, anak memiliki gangguan perkembangan bahasa, emosi atau perilaku, dan kesehatan. Serta faktor eksternal yaitu dalam proses pembelajaran yang baik untuk anak kurangnya media alat peraga atau media permainan, dan situasi keluarga dari sang anak. Terdapat beberapa media yang dapat digunakan oleh guru di lembaga taman kanak-kanak dalam pengembangan kemampuan berhitung pada anak, salah satunya yaitu media felt board finger numbers counting toy. Penelitian ini meneliti pengaruh Felt Board Finger Numbers Counting Toy terhadap kemampuan berhitung untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dalam menganalisis dan desain penelitian one-group prettest-posttest design merupakan desain yang digunakan dalam penelitian ini. Ini penelitian dilakukan di lembaga TK Pra Widya Dharma Peninjoan dengan subjek pengamatan yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dari Kelompok A dengan total subjek yakni 10 orang anak. Kegiatan yang diberikan pada peserta didik dibagi menjadi 3 tahap yaitu, pretest, treatment, dan posttest. Penelitian dan pembahasan rata-rata nilai uji pretest yaitu 51 dan rata-rata nilai uji posttest yaitu 68 sehingga adanya perbedaan antara data prettest dan postest sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan felt board finger numbers counting toy. Adapun dari hasil uji sample paired t-test mendapatkan hasil . Artinya bahwa apada penelitian ini  diterima dan  ditolak. Maka kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh Felt Board Finger Numbers Counting Toy terhadap kemampuan berhitung anak di Kelompok A TK Pra Widya Dharma Peninjoan.

 Kata Kunci: Felt Board Numbers Counting Toy, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini


Article Metrics

 Abstract Views : 274 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.