Pengembangan Bahasa Anak melalui Program Komputer
(1)   Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/1225
Abstract
Aspek perkembangan anak usia dini dapat distimulasi dengan memberikan kegiatan pembelajaran yang menarik multi media dan metoda. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi VI Limaumanis Kota Padang bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan membaca sebagai salah satu bagian dari aspek perkembangan bahasa melalui pembelajaran komputer multi media. Pembelajaran membaca anak distimulasi dengan software compact disc program membaca. Metode penelitian menggunakan class room action research dengan dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan efektifitas perkembangan membaca anak dengan signifikan ditunjukkan melalui hasil analisis data peningkatan sikap membaca anak yang baik sekali dan baik 92,5%. Peningkatan proses membaca anak baik sekali dan baik 87,5 %. Ini berarti bahwa secara umum pengembangan pembelajaran membaca anak sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh karena itu penilaian ini dihentikan sampai siklus II pada pertemuan 4, karena ketuntasan minimal dalam pengembangan pembelajaran membaca anak sudah tercapai.
Article Metrics
Abstract Views : 244 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.