Abstract


Kemandirian sangat penting dikembangkan pada anak sejak dini agar anak menjadi individu yang mampu melakukan semua kegiatan dengan kemampuan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain. Kecakapan hidup (life skill) dapat diajarkan melalui pembiasaan, hal ini dapat dijadikan untuk menumbuhkan sikap mandiri, mampu berinteraksi dengan lingkungan yang berguna untuk kehidupan anak selanjutnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini berbasis life skills. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subjek penelitian ini 2 Guru Kelompok B3 dan 18 anak di Kelompok B3 TK Qurrota A‟yun Teluk Betung Timur . Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian, upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini berbasis life skill sudah sesuai dengan indikator yang ada. Anak-anak juga sudah mengalami peningkatan kemandirian. Anak-anak sudah bisa memakai dan melepaskan sepatunya sendiri, merapikan alat tulis dan bahan pembelajaran setelah selesai digunakan, berbagi makanan dengan teman dan guru, dan lain-lain. Meskipun sudah banyak anak yang mengalami peningkatan kemandirian masih ada juga anak yang masih perlu bimbingan lebih dari guru kelasnya. Orang tua juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kemandirian anak usia dini ini.

Kata Kunci: Upaya guru; Kemandirian; Life skill