Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Kelompok A dengan Media Buku Halo Balita

Lailatul Firdausi Lailatul Firdausi(1), Nur Hidayah Nur Hidayah(2), Pramono Pramono(3),
(1) Universitas Negeri Malang  Indonesia
(2) Bimbingan Konseling, FIP Universitas Negeri Malang  Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, FIP, Universitas Negeri Malang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/120703

Full Text:    Language : id

Abstract


Permasalahan yang terjadi di TK PKK Kartini adalah minimnya karakter mandiri siswa dikelompok A, sehingga setiap kegiatan yang dilakukan selalu meminta bantuan. Penelitian inibertujuan untuk mengatahui peran guru dengan media buku Halo Balita dalam pembentukankarakter mandiri siswa di kelompok A TK PKK Kartini. Penelitian yang digunakan adalahmetode penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek siswa kelompok A sebanyak 15 orang, danguru kelompok A. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksidata, display data, dan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber,yang dilakukan dengan membandingkan dan mengecek hasil menggunakan metode yang samadari sumber yang berbeda. Temuan secara umum yakni TK PKK Kartini merupakan sekolahpertama dan tertua yang ada di daerah tersebut, sehingga setiap tahun selalu mendapatkan siswabanyak, sedangkan temuan secara khusus yakni media Buku Halo Balita ternyata sudah dimilikioleh pihak sekolah namun, guru di Kelompok A TK PKK Kartini tidak menggunakannyasebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dengan mediabuku Halo Balita mampu membentuk karakter mandiri siswa, hal ini dilihat dari perubahankarakter mandiri yang cukup signifikan. Perubahan tersebut terjadi karena adanya peran guruyang memberikan penerapan, contoh, dan pembiasaan bersikap mandiri oleh guru, sertapengaplikasian sikap mandiri yang terdapat dalam buku Halo Balita yang terus di terapkan olehguru di kelompok A TK PKK Kartini, dapat disimpulkan bahwa media Buku Halo Balita denganperan guru dapat membentuk karakter mandiri siswa kelompok A di TK PKK Kartini. Kata Kunci: Guru, Halo Balita, Karakter Mandiri, Media,

Article Metrics

 Abstract Views : 229 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.